Rabu 04 Mar 2015 18:21 WIB
Perayaan Cap Gomeh

Vihara Dhanagun Siapkan 'Joli' untuk Diarak

Rep: C21/ Red: Winda Destiana Putri
Vihara Dhanagun
Vihara Dhanagun

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka menutup perayaan Imlek, atau yang biasa dikenal sebagai perayaan festival musim semi di Cina dua pekan lalu, Vihara Dhanagun mulai bersiap-siap.

Sejumlah ornamen penting yang ada di vihara seperti lentera, joli (tandu) dan lainnya pun mulai dipersiapkan. Rencananya, pada perayaan Cap Gomeh esok ada lima joli yang akan diarak dari tuan rumah. Dan joli-joli lain milik para tamu, diperkirakan akan ada 20 joli yang akan diarak esok.

"Disini ada lima joli yang nantinya akan diarak ke jalan-jalan." ujar Ayung (60), pengurus vihara kepada Republika, Rabu (4/3).

Sementara nanti malam ada joli tien lu yang lebih dulu diarak. Joli tien lu merupakan tempat menaruh dupa yang akan diarak mengelilingi halaman vihara. Kemudian pada pukul 24.00 WIB akan ada permintaan izin kepada leluhur yang ada di dalam Istana Bogor.

"Jadi, kita sebelumnya meminta izin kepada leluhur disini sebelum acara pagi berlangsung," ujarnya.

Acara arak-arakan besok rencananya akan melewati Jalan Pajajaran, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Suryakencana, Jalan Siliwangi, lalu Jalan Sukasari. Selain acara arak-arakan khas masyarakat Tionghoa, akan ditampilkan pula acara kesenian lain seperti kesenian Bali dan Sunda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement