Rabu 04 Mar 2015 15:16 WIB

Tips Bebas Stres di Tempat Kerja

Rep: MG ROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Bebaskan diri dari stres di tempat kerja dengan banyak bergerak dan memilih cemilan sehat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bebaskan diri dari stres di tempat kerja dengan banyak bergerak dan memilih cemilan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Stres di tempat kerja merupakan hal yang hampir setiap hari dialami oleh para pekerja di kota besar. Masyarakat pekerja di kota-kota besar seperti Jakarta sebagian besar merupakan urbanis dan industrialis yang selalu disibukkan dengan deadline atau tenggat waktu penyelesaian tugas.

Tuntutan peran di tempat kerja yang semakin beragam dan kadang bertentangan satu dengan yang lain, masalah keluarga, beban kerja yang berlebihan, dan masih banyak tantangan lainnya membuat stres menjadi suatu faktor yang hampir tidak mungkin untuk dihindari.

Namun, tahukah Anda stres di tempat kerja dapat diatasi? Dilansir dari laman Instyle, Rabu (4/3), berikut cara untuk mengatasi stress di tempat kerja.

Makanan sehat dan bergerak

Sediakan makanan ringan yang sehat dan mencoba untuk bergerak. Stres jangka panjang dapat meningkatkan nafsu makan hingga mengonsumsi gula berlebih.

Anda pun membutuhkan makanan ringan sehat yang dapat Anda konsumsi, seperti kacang mete, oatmeal, jeruk, dan makanan sehat lainnya. Hal ini dapat membantu Anda agar tetap sehat meskipun nafsu makan meningkat. Jangan lupa untuk menggerakkan tubuh Anda agar lemak jenuh dalam tubuh dapat terbakar meskipun hanya sebagian kecil.

Memanggil jasa manajemen stres

Menurut survei Integra di Amerika, 44 persen pekerja mengalami stres pada mata, 38 persen mengalami pegal pada tangan,dan 34 persen mengalami gangguan tidur akibat terlalu stres bekerja. Hal ini dapat diatasi dengan membuat tubuh Anda relaks saat di tempat kerja.

Untuk mengatasinya dibutuhkan seseorang yang dapat membuat tubuh Anda relaks, seperti memanggil jasa pijat. Pijatan bisa terfokus pada aspek fisik yang stres. Usakan setiap sentuhan dapat mengurangi beban stres dalam tubuh.

Cara lainnya, mungkin Anda dapat meminta kepada pihak kantor untuk menyediakan tempat khusus untuk menyegarkan tubuh dan pikiran atau menyediakan alat untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran.

Jadi, mulailah dari sekarang untuk mengurangi stres Anda di tempat kerja, sehingga tubuh lebih sehat dan bekerja menjadi lebih produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement