Jumat 27 Feb 2015 08:09 WIB

Tetap Segar Saat Merawat Bayi

Ibu dan bayinya
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ibu dan bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, Mengurus bayi adalah pekerjaan yang paling melelahkan. Saat lelah, Anda tidak akan maksimal mengurus si kecil dan emosi akan meningkat sehingga berimbas pada orang-orang di sekitar Anda.

Ikuti lima tips di bawah ini untuk mengatasi rasa lelah dan frustasi saat merawat buah hati, seperti dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Hirup udara segar

Banyak orang tua yang menderita karena terkurung di dalam rumah sepanjang hari mengurus bayi. Mintalah pasangan -atau bahkan tetangga dipercaya- untuk menjadi

babysitter saat si kecil sedang tidur.

Jalan-jalan singkat di sekitar komplek perumahan untuk menghirup udara segar selama beberapa menit bisa mengembalikan semangat dan mengisi ulang tenaga Anda.

Buat daftar keperluan bayi

Banyaknya keperluan bayi baru lahir sekaligus mengurus keperluan rumah pasti akan membuat kebingungan dan stress. Nah, saat belanja bulanan biasakan membuat daftar keperluan bayi dan rumah tangga.

Buat secara detail keperluan itu. Saat Anda mengurus keperluan bayi, pasangan Anda bisa membeli keperluan rumah tangga.

Pelajari tangisan anak

Anda Mendengar tangisan anak, terutama jika Anda tidak tahu bagaimana membuatnya berhenti, dapat membuat Anda menangis. Karena tidak semua tangisan adalah karena alasan yang sama, memelajari tangisan bayi apakah dia ingin makan, tidur, atau buang air besar akan membantu mengetahui keinginannya dengan cepat.

Gunakan pengasuh

Selain kebutuhan bayi, Anda juga perlu mengurus diri sendiri dan pasangan. Jika Anda tidak merasa belum cukup siap meninggalkan bayi Anda dengan babysitter mintalah kakek-nenek, teman dekat , atau teman terpercaya untuk mengurus si kecil sesat, sementara Anda berdua pergi keluar untuk bercengkrama.

Setidaknya ambil waktu 20 menit berjalan kaki bersama-sama atau pergi keluar untuk makan malam.

Tidur

Hal yang membuat kelelahan adalah kurang tidur. Tidur delapan jam mungkin tidak akan pernah terjadi saat bayi Anda di bawah usia 6 bulan. Mencuri waktu untuk tidur adalah kuncinya. Lupakan mencuci baju, membersihkan rumah dan tidurlah bersama si kecil.

Jika menyusui, gunakan pompa ASI sehingga Anda dapat gantian memberikan ASI saat si kecil terbangun di malam hari. ‪

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement