Kamis 19 Feb 2015 04:04 WIB
Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek Datang, Permintaan Pamelo Melonjak

Jeruk
Foto: Antara
Jeruk

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Permintaan Pamelo mengalami peningkatan menjelang perayaan tahun baru Cina atau Imlek 2015 yang jatuh pada Kamis (19/2) ini. Jeruk asli Kabupaten Magetan itu banyak diburu untuk keperluaan perayaan Imlek.

Salah satu petani Jeruk Pamelo di sentra produksi Kecamatan Bendo, Magetan, Sriatun, mengatakan peningkatan permintaan sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

“Harga jeruk Pamelo biasa sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 per buah. Menjelang Imlek naik hingga Rp 7.000 per buahnya,” ujar Sriatun.

Kebanyakan yang mencari jeruk tersebut adalah warga keturunan Tionghoa yang berasal dari wilayah eks-Keresidenan Madiun. Namun, banyak juga warga yang berasal dari kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, Jakarta, dan sejumlah kota lain di Jawa Tengah.

Meski hasil panen tahun ini agak menurun jika dibandingkan tahun lalu, namun petani mengaku masih untung karena biaya produksi tertutup oleh pendapatan akibat kenaikan harga.

“Tahun ini hanya bisa memanen 600 hingga 700 buah jeruk saja. Tahun lalu bisa mencapai 1.000 buah jeruk Pamelo,” ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement