Selasa 17 Feb 2015 11:19 WIB

Meningkatkan Daya Ingat Anak

Anak konsentrasi (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Anak konsentrasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin banyak anak Anda melakukan latihan yang berhubungan dengan ingatannya, semakin mudah akan baginya untuk menangkap informasi di sekolah. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan otak anak Anda, seperti dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Bertanya terperinci

"Penelitian menunjukkan bahwa orang tua berpengaruh pada perkembangan daya ingat jangka panjang anak. Jadi pastikan Anda bertanya secara terperinci kepada anak,” kata Catherine Haden, Ph.D. psikolog di Universitas Loyola Chicago.

Misal ketika Anda baru saja selesai menonton bioskop tanyakapan pada anak, tanyaka beberapa pertanyaan. “Tadi superheronya pakai baju warna apa?” atau “Senjata superheronya pakai apa?”

Semakin banyak pertanyaan terperinci yang diajukan kepada anak, daya ingatnya akan semakin terasah.

Permainan yang berhubungan dengan daya ingat

Permainan daya ingat seperti puzzle sangat baik untuk mengasah daya ingat. Atau cobalah permainan mengingat seperti, “kita akan pergi piknik, sebaiknya bawa….” Biarkan anak menjawab pertanyaan dan mengambil barang yang akan dibawanya.

Bermain dengan strategi

Ketika Anda mengajar kiri dan kanan minta dia mengangkat salah satu tangannya ketika Anda menyebut kanan. Atau Anda mengangkat tangan kanan namun bilang kiri. Tanya pada anak salah atau benar tangan yang diangkat?

Praktik, praktik, praktik

Tawarkan kuis mengeja kata kepada anak. Ulangi terus menerus kata-kata yang dieja. Jangan beralih ke kata yang lain sebelum si kecil sukses mengeja kata yang Anda berikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement