Kamis 12 Feb 2015 18:01 WIB

Lima Cara Makan Sederhana Saat Hamil

Wanita hamil.
Foto: Republika/Prayogi
Wanita hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat sedang hamil, Anda harus makan makanan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang dibutuhkan untuk berkembang. Belum tahu cara menenuhi gizi saat hamil? Inilah cara sederhananya, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Konsumsi suplemen kehamilan setiap hari

Suplemen kehamilan mengandung vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, seperti asam folat, zat besi, seng, yodium, vitamin D, kalsium, dan vitamin A. Namun Anda harus membatasi konsumsi vitamin A. Jika mengonsumsi melebihi dosis yang direkomendasikan dapat membahayakan ibu hamil.

Kendalikan berat badan

Perempuan hamil hanya boleh mengkonsumsi 300 kalori tambahan per hari untuk mendukung perkembangan bayi (jumlah ini setara dengan satu porsi yogurt dan sepotong buah). Perempuan dengan berat badan normal maksimal kenaikan berat badan saat hamil berkisar antara 5 sampai 10 kilogram. Sementara perempuan kelebihan berat badan maksimal kenaikan berat badannya antara 6 sampai 12 kilogram.

Makan makanan bervariasi

Setiap hari, targetkan untuk makan antara 6 sampai 11 porsi gandum dikombinasikan dengan roti, sereal, nasi, dan pasta. Setidaknya Anda mengonsumsi tiga jenis sayuran dan dua jenis buah-buahan. Selain itu makan tiga sampai empat makanan berprotein, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan. Tambahkan juga tiga sampai empat gelas susu rendah lemak, yogurt, atau keju.

Batasi asupan lemak

Lemak yang Anda konsumsi tidak boleh lebih dari 30 persen kalori harian. Makanan berlemak yang harus dibatasi adalah mentega dan es krim.

Minum banyak cairan

Minumlah 6 sampai 8 gelas air sehari. Air putih adalah minuman terbaik perempuan hamil. Tidak dianjurkan mengonsumsi jus dalam jumlah banyak karena tinggi kalori. Dan membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement