Kamis 12 Feb 2015 16:37 WIB

Makanan Super untuk Bayi

Wortel (Ilustrasi)
Wortel (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Diantara banyaknya pilihan makanan untuk bayi hanya enam makanan yang dikategorikan super food. Makanan ini mengandung nutrisi yang benar-benar dibutuhkan bayi. Sebaiknya berikan makanan sehat ini saat anak berusia lebih dari satu tahun. Atau konsultasikan dengan dokter untuk mencegah alergi. Ini dia daftar makanan sehat tersebut seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Pisang mampu melancarkan sistem pencernaan

Pisang merupakan makanan kaya karbohidrat yang mudah dicerna. Pisang sangat baik untuk sistem pencernaan bayi. Sebelum memberikan kepada bayi, pastikan Anda menghancurkan pisang dengan benar. Kalau tidak bayi bisa tersedak. Anda juga bisa mencampur pisang dengan makanan lain.

Telur untuk perkembangan otak

Telur kaya protein dan mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting. Telur bermanfaat untuk perkembangan sel otak bayi. Rebus kemudian hancurkan telur sebelum diberikan kepada si kecil.

Wortel bermanfaat untuk penglihatan

Wortel mengandung beta karoten dan akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh bayi. Vitamin A bermanfaat bagi penglihatan bayi. Rebus wortel sampai lembut lalu hancurkan dan campur dengan makanan bayi. Wortel adalah salah satu makanan yang perlu dimasukkan dalam daftar makanan bayi paling sehat.

Yogurt mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Yogurt adalah produk turunan susu yang mengandung kalsium, protein, dan fosfor. Semua zat tersebut sangat penting dalam perkembangan tulang dan otot bayi. Yogurt juga mengandung bakteri yang disebut probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Bayam menguatkan tulang bayi

Bayam kaya akan zat besi, kalsium, asam folat, vitamin A dan C. Bayam mampu membantu perkembangan otak dan tulang. Sebaiknya tambahkan bayam dalam makanan bayi.

Ubi berguna untuk mengeluarkan racun  

Rasa ubi sangat manis dan baik sebagai pengganti gula. Ubi kaya akan kalsium, kalium, vitamin B, C dan E. Ubi mampu melawan radikal bebas dan membuang semua racun dari tubuh anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement