Kamis 12 Feb 2015 16:57 WIB

Tempat Menyelam Terbaik Dunia, Alasan Oman Wajib Dikunjungi

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Bahla, Oman
Foto: Panoramio
Bahla, Oman

REPUBLIKA.CO.ID, OMAN -- Muscat adalah Ibu kota sebuah negara Arab di Asia Barat Daya di pesisir tenggara Jazirah Arab, Oman. Kota ini berbatasan dengan Uni Emirat Arab (UEA) di barat-laut, Arab Saudi di barat, dan Yaman di barat-daya.

Muscat dikenal sebagai surga gurun yang memiliki pantai pasir putih dan air hangat. Selain itu, Muscat terkenal dengan beberapa tempat menyelam terbaik di dunia dengan bazar besar yang menyaingi Istanbul Grand Bazar. Dilansir dari CNN, Kamis (12/2) berikut alasan Anda harus pelesir ke Muscat, Oman.

Musandam Fjords

Fjords merupakan semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau tumpukan es yang sangat tebal dan berat. Namun, di Musandam Fjords terdapat lubang unik yang terhubung dengan pegunungan setinggi 2000 meter di atas permukaan laut. Di kawasan ini tidak terdapat es, karena suhu rata-rata hanya sekitar 23 derajat celsius pada musim dingin. Selain itu, di sekitar Musandam terdapat desa-desa nelayan, kota tradisonal Khasab dan Dibba, serta benteng yang dapat membuat Anda lebih berpetualang.

Oman Grand Canyon (Wadi Ghul)

Tempat ini akan memanjakan mata Anda dengan sebuah pemandangan yang luar biasa di Gunung Jebel Shams Oman. Gunung ini merupakan gunung yang terjal dan tandus. Ketinggian gunung ini mencapai 3000 meter diatas permukaan laut yang membuat gunung ini mendapat julukan Gunung Matahari. Selain itu, di kawasan ini terdapat kebun tanggal, desa-desa kuno yang biasa dikunjungi setiap wisatawan dunia. Bahkan disini juga terdapat rumah tradisional untuk mengenal sejarah Oman.

Pegunungan hijau

Jebel Akhdar atau gunung hijau mempunyai ketinggian yang sama dengan Jebel Shams. Untuk mencapainya, Anda harus melalui jalan yang berkelok dan berbatu tandus. Namun, Anda tidak perlu khawatir, setelah bersusah payah, Anda akan menemukan kejutan yang luar biasa, yaitu hamparan alam yang hijau dengan pohon delima, buah ara, bungan mawar, almond, dan rumput barley yang dapat menyejukkan mata.

Bahla

Kota Praja Bahla meruapak salah satu situs warisan dunia yang merupakan bangunan megah dan berasal dari Castle Jabreen pada abad ke-17 yang menawarkan keindahan alam kebun dan gurun yang menyegarkan mata. Bangunan ini mengalami restorasi pada 2010, sehingga saat ini sudah dalam keadaan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement