Rabu 11 Feb 2015 18:11 WIB

Waspada Campuran Lain dalam Kopi Anda

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Kopi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Penikmat kopi berhati-hatilah! Ada kemungkinan secangkir kopi yang Anda nikmati di pagi hari berisi bahan pengisi lain, seperti gandum, barley, jagung, atau bahkan tanah atau ranting kayu.

Peneliti Brasil mencoba meneliti ada banyak kopi palsu yang dalam iklan atau kemasannya menyatakan bahwa isinya 100 persen dari biji kopi.

Pemimpin studi dari Universitas Negeri Londrina, Suzana Lucy Nixdorf mengatakan rupanya cukup sulit bagi kebanyakan orang untuk melihat atau merasakan ada bahan pengisi di kopi yang mereka minum. Penelitian yang mereka lakukan menemukan banyak kopi bubuk yang sudah dicampur dengan kedelai, beras, kacang-kacangan, gula merah, bahkan sirup pati.

"Ada kekhawatiran bahwa kopi yang ada bahan pengisi lain ini menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif pada bahan-bahan tertentu," kata Nixdorf, dilansir dari Body and Soul, Selasa (11/2).

Timbulnya ide bagi produsen 'jahat' untuk menambahkan bahan pengisi ini disebabkan kurangnya pasokan kopi di industri seluruh dunia. Bahkan, Brasil sendiri sebagai negara penghasil kopi terbesar berada di ambang defisit produksi karena perubahan iklim.

Sebuah studi baru-baru ini memproyeksikan bahwa 70 persen dari pasokan kopi dunia akan hilang pada 2080 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement