Sabtu 07 Feb 2015 08:31 WIB

Ini Masker Rambut yang dapat Anda Buat di Rumah

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Rambut Indah (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Rambut Indah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim panas menjadi musuh bagi rambut. Sinar UV, angin, klorin, dan polusi dapat menyerang rambut Anda shingga membuatnya tampak kering. Kebanyakan wanita rela berjam-jam di salon dan membuang uang banyak untuk kencantikan rambut mereka.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa masker rambut dari bahan alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Seperti dilansir dari laman Womanitely, Sabtu (7/2) berikut ulasannya.

Masker alpukat

Alpukat digunakan dalam berbagai perawatan kecantikan, salah satunya untuk rambut Anda. Masker Alpukat dapat membuat rambut lebih halus, lembut, dan tebal, sehingga dapat mencegah rambut kering dan kusam. Cukup dengan haluskan alpukat matang, campur degan secangkir susu dan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala, diamkan 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Masker telur

Telur kaya akan protein yang membantu memelihara akar, kalium yang menyembuhkan rambut rusak, vitamin A yang membantu mengurangi kerusakan, dan vitamin B12 yang meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Masker telur membantu menyegarkan dan melembabkan rambut Anda secara cepat. Cukup dengan mencampurkan kuning telur, 2 sendok makan minyak zaitun, satu cangkir susu, dan perasan air jeruk lemon. Kemudian, oleskan masker telur ke kulit kepala dan rambut, diamkan 15-20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

Masker yogurt

Rambut Anda banyak menggunakan produk styling dan itu dapat bercampur dengan polusi, cobalah menggunakan masker yogurt untuk membuat rambut Anda kembali mengkilap. Pijat 1/2 cangkir atau lebih untuk rambut panjang yogurt plain ke rambut yang lembab, biarkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan sampo. Jika tidak ada yogurt, Anda dapat menggunakan krim asam.

Masker pisang

Pisang kaya akan vitamin A, Vitamin C, dan kalium, yang membantu mengatur produksi minyak kulit kepala Anda dan dapat menjaga kulit kepala Anda lebih sehat. Rambut Anda akan terlihat mengkilap dan lembut dalam waktu singkat. Caranya, haluskan 2 pisang matang dengan satu sendok minyak kelapa, satu sendok minyak zaitun, dan satu sendok madu. Oleskan pada rambut Anda selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat atau dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement