Sabtu 07 Feb 2015 06:35 WIB

Jangan Panik Bila Kondisi Ini Terjadi Saat Hamil

Hamil
Foto: pixabay
Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan mungkin khawatir dengan beberapa kondisi yang tidak pernah dirasakan seperti saat sebelum hamil. Faktanya, gejala seperti itu tidak perlu dirisaukan karena umum terjadi pada perempuan hamil.

Intinya, jika gejala-gejala yang Anda rasakan mulai memengaruhi kesehatan Anda barulah pergi ke dokter. Inilah beberapa kondisi di masa kehamilan yang tidak perlu Anda risaukan seperti yang dikutip dari laman www.parentsindonesia.com.

Merasa mual

"Morning sickness" adalah istilah yang umum digunakan. Morning sickness biasanya dikaitkan dengan mual sepanjang hari saat hamil. Tapi itu adalah gejala normal. Laura Riley, MD, direktur persalinan dan kelahiran di Massachusetts General Hospital menjelaskan: "Mual bukan masalah yang besar. Muntah dan disertai penurunan berat badan baru merupakan masalah." Solusi untuk mengatasi mual dan muntah adalah tetap terhidrasi dan sering-seringlah makan untuk mengurangi mual. Jika mual tak kunjung reda dan disertai dengan muntah segera hubungi dokter.

Sakit perut

"Gejala umum kehamilan yang tidak perlu dikhawatirkan adalah sakit perut," kata Dr Riley. Kecuali rasa sakit itu semakin parah, tidak berhenti, atau berhubungan dengan perdarahan. Jika tidak ada gelaja tersebut kemungkinan hanya rahim yang tumbuh, ligament merengang, atau gas. Sakit perut umumnya terjadi sangat singkat namun intens. Sakit perut akan hilang dengan istirahat.

Kelelahan

Dibutuhkan energi yang banyak untuk menumbuhkan bayi. Banyak perempuan lebih sering tidur daripada olahraga. Tingkat energi selama kehamilan naik turun dan perempuan hamil perlu ‘mendengarkan keinginan tubuh mereka’ ketika merasa perlu istirahat. Dr. Riley menyarankan perempuan hamil tidak perlu memaksakan diri mengerjakan semua pekerjaan rumah. Istirahatlah saat merasa lelah.

Sembelit

Bayi menekan rektum perempuan dan memerlambat kerja usus. Ditambah lagi hormon-hormon kehamilan membuat sembelit selama kehamilan semakin parah. Selain itu zat besi dalam vitamin kehamilan atau zat suplemen anemia juga menyebabkan sembelit. Tidak perlu langsung pergi ke dokter ketika merasakan sembelit. Banyak makan serat, minum lebih banyak cairan, dan berolahraga merupakan solusi untuk mengatasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement