Senin 02 Feb 2015 12:04 WIB

Inilah Mainan Bayi yang Mencerdaskan

Mainan bayi/ilustrasi
Foto: ikea.com
Mainan bayi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mainan bayi tidak perlu mahal. Yang penting mainan itu sesuai dengan usianya dan tidak berbahaya karena bayi sering memasukkan semua benda ke dalam mulut.

Jika Anda bingung mencari mainan yang bisa membuat si kecil cerdas, cobalah beberapa mainan di bawah ini seperti yang direkomendasikan www.parentsindonesia.com.

Mainan berteknologi rendah yang membuat suara (bayi berusia 6 bulan)

Bayi suka semua benda yang membuat kebisingan. Carilah mainan bayi yang mampu menghasilkan suara dengan cara menguncangnya. "Dengan mainan itu bayi akan melakukan eksplorasi," kata Adiaha Spinks-Franklin, MD, seorang dokter perkembangan dan perilaku anak dari Rumah Sakit Anak Texas, di Houston. Ketika bayi mengguncangkan mainan yang ada suaranya koordinasi tangan dan mata akan terbentuk. Pada usia 3 bulan si kecil akan sering melepaskan mainan ini, tapi ketika usia 4 bulan dia sudah bisa memegangnya.

Cermin (bayi baru lahir)

Untuk si kecil, gambar yang terus berubah di cermin tampak seperti teman bermain baru. "Bayi biasanya tidak memahami refleksi sampai mereka berusia 1 tahun," kata Kathryn Hirsh-Pasek, Ph.D., penulis buku Einstein Never Used Flash Cards: How Children Really Learn. Meskipun bayi Anda tidak menyadari bahwa dia melihat dirinya, dia sangat menikmati objek yang bergerak. Anda juga dapat membuat wajah senang, sedih, atau kesal di cermin untuk menarik perhatian bayi Anda.

Perlengkapan rumah tangga (bayi berusia 6 bulan keatas)

Dengan bermain wadah plastik, bayi Anda dapat belajar tentang ukuran dan bentuk. Dia juga dapat menikmati waktu saat memukul-mukul panci dengan sendok kayu. "Permainan ini awal untuk meletakkan dasar bermain pura-pura," kata Dr Spinks-Franklin. Jika sering bermain dengan perlengkapan rumah tangga, dia mungkin akan menggunakan pot sebagai drum atau pisang sebagai telepon. Supaya waktu bermain si kecil aman, berikan mainan yang tidak bisa dipecahkan. Barang seperti kaleng susu tidak boleh diberikan karena sangat berbahaya karena dapat melukai tangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement