Jumat 30 Jan 2015 19:29 WIB

Bagaimana Menghindari Alergi pada Anak?

Deteksi alergi pada bayi sejak dini/ilustrasi
Foto: pampers.co.za
Deteksi alergi pada bayi sejak dini/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anak yang menderita alergi umumnya tidak sendirian menderita alergi dalam keluarga. Biasanya, orang tua yang memiliki alergi akan melahirkan pula anak dengan riwayat alergi.

Sebenarnya apa yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi atau anak tidak mengidap alergi?

Sekitar 5 persen anak berusia kurang dari 5 tahun biasanya mengidap alergi makanan. Kemungkinan anak menjadi bagian dari 5 persen itu jika salah satu orang tua menghidap alergi. Sementara kemungkinan anak mengidap alergi akan meningkat menjadi 25 persen setelah berusia 5 tahun.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Ada cara untuk mencegahnya. Seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com, menurut penelitian yang dipublikasikan Jurnal Pediatrics, cara mencegah alergi adalah menyusui selama 4 sampai 6 bulan, atau menggunakan susu formula hidrosila.

Susu ini adalah susu formula yang protein susu susu sapinya sudah diolah sehingga kandungan alergennya (zat pencetus alergi) berkurang. Penelitian ini juga membantah penyataan beberapa dokter yang menyatakan anak yang mendapat asupan makanan padat kurang dari 6 bulan akan mudah terkena alergi. Nyatanya tidak ada kaitan antara mengonsumsi makanan padat lebih dini dengan alergi.

Cara lain untuk mencegah alergi, ibu menyusui sebaiknya tidak makan makanan pencetus alergi seperti telur dan produk turunan dari susu sapi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement