Rabu 28 Jan 2015 12:13 WIB

Kenali Setiap Tendangan Maut yang Dilakukan Bayi

Wanita hamil/ilustrasi
Wanita hamil/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada apa di balik tendangan dan gerakan di dalam perut? Kini Pertanyaan Anda terjawab. Sakitkah?

"Bagi sebagian besar Ibu, tendangan itu terasa tidak terlalu keras, tapi jika bayi membentur organ sensitif atau tulang rusuk, rasanya bisa tidak nyaman," kata Glade B Curtis, MD, penulis Your Pregnancy Week by Week.

Merasakan keberadaan bayi di dalam perut adalah hal menyenangkan, tapi jika Anda merasa sangat nyeri saat bayi bergerak, pegilah ke dokter, karena ini bisa menandakan kondisi seperti kisa ovarium, kelainan dinding kemih, dan bahkan infeksi kandung kemih.

Untuk itu, penting bagi Ibu memperhatikan tendangan maut yang dilakukan bayi, seperti dikutip dalam laman www.parentsindonesia.com.

Kapan saat terbaik merasakan bayi bergerak?

Bayi memiliki saat-saat tenang dan aktif, dan pola si kecil akan menjadi jelas. Anda mungkin tidak merasakan tendangannya saat sedang sibuk. Namun begitu beristirahat, Anda akan mengenalinya. Cara terbaik merasakan tendangan maut si kecil adalah berbaring menyamping dimana ini akan merangsang bayi. Waktu lain untuk merasakan tendangannya adalah setengah jam atau lebih setelah Anda makan.

Dia sering sekali menendang, apakah nantinya akan menjadi pemain bola?

Tidak ada ilmu tentnag apakah tingkat energi bayi dalam kandungan adalah cermin masa depannya. Namun bayi yang aktif dalam kandungan cenderung menjadi anak yang aktif.

Adakah makanan tertentu yang membuat bayi bergerak?

Umumnya makanan dan minuman yang mengandung kafein atau gula bisa merangsang bayi bergerak. Apapun yang menstimulasi ibu akan masuk ke plasenta dan kemudian menstimulasi bayi.

Haruskah saya khawatir jika bayi tidak terlalu banyak bergerak?

Kapanpun Anda mendapati perubahan dalam pola bayi, bicarakan dengan dokter. Satu cara untuk menenangkan pikiran Anda adalah mencatat pergerakan si kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement