Selasa 27 Jan 2015 12:02 WIB

Ajarkan Anak Menabung dengan Trik Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mengajarkan anak menabung dengan celengan.
Foto: Flickr
Mengajarkan anak menabung dengan celengan.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah menjelaskan arti uang pada anak, mengajarkan anak membayar sendiri barang belajaannya serta memberikan pemahaman pada anak bahwa kita memiliki uang yang terbatas, langkah apa lagi yang harus dilakukan untuk mengenalkan uang pada anak?

Perencana keuangan Tatadana Consulting, Tejasari CFP, memberikan tiga tips lainnya bagaimana mengenalkan uang pada anak. Selamat membaca artikel ini dan mempraktikkannya langsung pada anak Anda.

Menabung di celengan

Celengan adalah cara menabung yang diajarkan secara turun temurun. Banyak orang tua mengajarkan anak menabung dengan menggunakan celengan. Kali ini, coba tanya pada anak kita, uang yang mereka tabung akan digunakan untuk apa? Inilah langkah awal mengajarkan memiliki tujuan keuangan.

 

Menabung di bank

Bank adalah sebuah lembaga keuangan yang sangat baik digunakan untuk mengenalkan anak akan arti menabung. “Ajaklah anak untuk membuka rekening di Bank, dan jelaskan bedanya menabung di bank dengan di celengan,” jelas Tejasari kepada ROL, Selasa (27/1).

Mengelola uang

Memberi uang jajan juga merupakan langkah awal dalam pengelolaan uang yang baik. Mulai dari memberikan uang harian, latihlah untuk memberi uang secara mingguan bahkan bulanan. Ingatkan bahwa tidak ada uang jajan tambahan apabila uang yang diberikan habis sebelum waktunya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement