Sabtu 24 Jan 2015 12:41 WIB

Ayah, Lakukan ini Ketika Bersama si Kecil

Ayah dan anak. Ilustrasi
Foto: familycovers.com
Ayah dan anak. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi seorang ayah, ditinggal berdua dengan bayi dibawah usia 1 tahun adalah suatu yang menegangkan. Namun dengan persiapan yang matang, ayah tidak perlu cemas.

Inilah yang harus dilakukan ayah saat berdua dengan si buah hati dikutip dari laman www.parentsindonesia.com

Persiapan

Memersiapkan keperluan bayi. Anda harus tahu dimana tempat persediaan popok si kecil dan juga perlengkapannya (tisu basah, kapas, bedak, baby cream). Bayi tidak akan menangis atau rewel jika sudah merasa nyaman dan senang. Biasanya, penyebab bayi menangis adalah popok yang sudah penuh dan basah untuk waktu yang lama dan juga ketika merasa lapar. Jadi Anda juga harus memiliki persediaan botol ASI untuknya.

Mengatur alarm

Ada baiknya jika Anda mengatur alarm setiap jam untuk mengecek popok si kecil. Selain itu, setiap beberapa jam sekali, dia membutuhkan asupan ASI yang sudah Anda siapkan dalam botol. Semuanya akan berjalan dengan lancar bila Anda mengetahui waktu yang tepat untuk memeriksa kenyamanan si kecil.

Jangan membuat rencana lainnya

Menjadi babysitter bagi bayi Anda membutuhkan perhatian secara penuh terutama saat dia sedang terjaga. Enyahkan keinginan Anda untuk menonton DVD atau mengecek email. Jadikan dirinya fokus utama Anda dan inilah saatnya untuk menikmati ikatan yang terjalin antara Anda dengan buah hati Anda.

Saat Bertugas

Saat sedang berperan menjadi ‘pengasuh’ tunggal, Anda akan merasakan betapa banyak tuntutannya. Jangan harap Anda dapat menyelesaikan semua dengan cepat ketika berurusan dengan memberi makan, mengganti popok atau pakaiannya, dan menidurkannya. Semua kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tetap tenang

Para ayah cenderung panik jika si kecil mulai rewel bahkan menangis. Usahakan Anda tidak kehilangan kendali menghadapi situasi seperti ini. Yang perlu Anda ingat adalah waktu Anda bersamanya bukanlah tentang Anda melainkan untuk bayi kecil Anda.

Perhatikan tanda

Jika si kecil mulai menangis, Anda harus memeriksa keadaannya. Pertama, periksa apakah popoknya sudah penuh; jika bukan itu penyebabnya, cobalah memerikan ASI dalam botol. Jika tidak juga lapar mungkin dia lelah dan ingin tidur. Anda bisa menggendongnya sambil berjalan-jalan di dalam rumah dan menepuk-nepuk punggungnya. Jika dia memang lelah, dia akan tertidur dengan cara ini.

Bayi juga bisa menangis karena bosan

Letakkan saja di boks tempat tidurnya dan biarkan dia bermain sendiri. Biasanya dia akan tenang dengan sendirinya. Apabila keempat hal tersebut bukan penyebab dia menangis kemungkinan terbesarnya adalah dia merindukan dan membutuhkan ibunya. Yang perlu Anda lakukan adalah menenangkan buah hati Anda sembari menunggu kedatangan sang ibu. Alunan musik lembut biasanya dapat menenangkan Anda dan juga bayi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement