Jumat 23 Jan 2015 08:16 WIB

Waspada! Produk Bayi ini Mengandung Bahan Berbahaya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Bayi pakai popok
Foto: humptybumptykids.com
Bayi pakai popok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam membeli produk bayi, orang tua pastinya ingin yang terbaik untuk anak. Pintar-pintarlah memilih produk bayi yang baik untuk anak Anda. Karena jika salah pilih, produk tersebut akan membahayakan anak Anda kelak.

Dilansir dari laman Allwomenstalk, Jumat (23/1) memberikan beberapa produk bayi yang umum digunakan, namun ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya. Apa saja produk bayi tersebut?

Popok

Salah satu produk bayi yang paling sering digunakan dan mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit bayi adalah popok. Selain buruk bagi lingkungan, bahan-bahan yang biasanya terdapat dalam popok sekali pakai adalah parfum, pewarna, klorin, dan dioxins.

Parfum dan pewarna memiliki potensi menyebabkan iritasi kulit (ruam popok). Sedangkan dioxins adalah karsinogenik untuk manusia yang mana biasanya terdapat pada popok yang mengandung chlorine bleached (salah satu bleach atau pemutih dengan bahan dasar Chlorine yang sangat efektif untuk mengangkat berbagai kotoran dan noda pada cucian).

Penting dicatat bahwa tingkat dioxins yang tidak signifikan dianggap berbahaya dan menyebabkan ruam kulit. Untuk alternative yang baik, pilihlah popok yang ramah untuk alam dan popok yang mempunyai daya serap tinggi, bebas klorin serta bebas pewarna.

Sampo dan sabun mandi bayi

Pernahkah Anda melihat bahan-bahan yang terkandung didalam botol sampo bayi? Parabens, sulfates dan formaldehida atau yang dikenal karsinogen.

Sekarang banyak merek shampoo dewasa yang diformulasikan tanpa bahan kimia ini. Sayangnya zat ini masih paling banyak ditemukan di sampo dan sabun mandi bayi. Berhubung bayi lebih sensitif terhadap racun, baca label dan hindari produk apa pun yang mengandung bahan-bahan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement