Rabu 21 Jan 2015 13:14 WIB

Tips Berkomunikasi Efektif dengan Istri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Suami istri mengobrol (ilustrasi).
Foto: Republika/musiron
Suami istri mengobrol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu persyaratan hubungan yang baik adalah komunikasi efektif dengan pasangan. Seksolog hubungan, Nikki Goldstein memiliki beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghadapi hambatan komunikasi dengan pasangan.

Apakah Anda sedang menegosiasikan sesuatu sederhana dengan suami? Misalnya, tentang siapa yang harus mencuci piring, merapikan kamar tidur, mengepel lantai?

Penelitian dari Loveology University menunjukkan bahwa jika pria dan wanita ingin memiliki hubungan yang konsisten sukses dan hidup bersama secara harmonis, maka mereka harus belajar untuk mengakui, memahami dan merayakan perbedaan mereka, tidak mencoba untuk mengubah pasangan mereka dengan cara berpikir mereka.

Perbedaan gaya berkomunikasi antara pria dan wanita sering membuat kedua belah pihak merasa frustasi. Demi kepentingan yang lebih baik dan hubungan lebih harmonis, berikut adalah tips dari Goldstein bagi pria supaya bisa berkomunikai efektif dengan pasangannya, dilansir dari Body and Soul, Rabu (21/1).

1. Sadarilah bahwa wanita berkomunikasi untuk membangun hubungan lebih romantis. Ini berarti, mereka mungkin lebih personal dalam percakapan mereka dibandingkan pria.

2. Terkadang yang diinginkan wanita hanyalah melampiaskan perasaannya. Pria harus memahami bahwa tidak setiap pertanyaan dari wanita membutuhkan solusi, sebab kadang mereka hanya ingin didengarkan.

3. Pastikan dia lebih dulu meminta bantuan Anda, sebelum Anda melompat ke satu kesimpulan dari perkataannya. Wanita sangat tidak suka dengan pria yang sok tahu perasaannya.

4. Pria perlu memahami bahwa wanita itu alaminya memang suka berbicara lebih banyak. Maka, sadarilah bahwa itu adalah fakta kehidupan bahwa wanita mengeluarkan kata-kata dua kali lebih banyak dibandingkan pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement