Ahad 18 Jan 2015 12:05 WIB

Yuk Intip Aktivitas yang Mampu Tingkatkan Kemampuan Berpikir Anak

Membaca merupakan aktivitas yang mampu tingkatkan kemampuan berpikir anak
Foto: Telegraph
Membaca merupakan aktivitas yang mampu tingkatkan kemampuan berpikir anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otak anak perlu dirangsang untuk berpikir sejak dini. Jadi, bijaklah dalam memberikan mainan untuk anak.

Pilihkan mainan yang bisa merangsang pikiran anak seperti lego atau puzzle. Permainan tersebut bisa membantu anak meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Di bawah ini ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak selain memberikan permainan yang mampu mengasah otak mereka seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Belajar bahasa baru

Bahasa penting dalam meningkatkan kemampuan memori anak. Belajar bahasa baru sama hal nya dengan Anda memberikan latihan untuk otak anak. Belajar bahasa baru juga mampu meningkatkan daya memori dan konsentrasi pada anak. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan umum bagi kecerdasan mereka.

Permainan pikiran

Untuk memperkuat fungsi otak, permainan pikiran sangat penting diberikan. Permainan pikiran bukanlah sesuatu yang sulit namun sedikit menantang. Sehingga kehadiran permainan pikiran ini bisa menjadi sebuah 'vitamin otak' karena membantu dalam meningkatkan memori dan meningkatkan kecepatan menghafal. Permainan ini membantu dalam berpikir anak serta memproses informasi lebih cepat. Memaksa otak melakukan kegiatan menghapal dan mengurutkan objek akan membantu Anak meningkatkan rasa percaya diri mereka pada kegiatan yang berhubungan dengan memori, atau akan mudah mengingat peristiwa penting.

Bermain teka-teki

Bermain teka-teki adalah salah satu permainan yang melibatkan pikiran. Sebagian besar teka-teki yang menantang, dianggap sebagai makanan yang baik untuk otak. Teka-teki seperti jigsaw puzzle dan matematika bagus untuk merangsang kemampuan otak anak Anda.

Kegiatan koordinasi tubuh

Permainan seperti bola basket dan video game sangat penting karena melibatkan koordinasi antara tangan dan otak. Selain itu, bermain alat musik dianggap sebagai kegiatan koordinasi otak dan tubuh yang cukup baik demi meningkatkan kemampuan berikir anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement