Rabu 14 Jan 2015 07:47 WIB

Bukan Hanya Wortel, Brokoli Juga Baik untuk Kesehatan Mata

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Brokoli (Ilustrasi)
Foto: Foodbeast
Brokoli (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain bermanfaat untuk mencegah kanker, menguatkan tulang Anda serta meningkatkan kekuatan otak Anda, brokoli masih memiliki ragam manfaat untuk kesehatan Anda.

Apa saja ya manfaat brokoli lainnya? Simak bahasannya seperti dilansir dari laman Allwomenstalk, Rabu (14/1).

Melindungi mata Anda

Salah satu dari banyak manfaat brokoli adalah brokoli dapat melindungi mata Anda. Brokoli mengandung beta-karoten dan vitamin C. Nutrisi ini mengurangi resiko Anda mengalami katarak. Hal ini terutama karena brokoli adalah kaya sumber vitamin A, yang membantu tubuh Anda membentuk retina, molekul penting yang menyerap vahaya untuk warna dan dan cahaya penglihatan yang rendah.

Mengatur tekanan darah

Brokoli mengandung sulforaphane yang mempromosikan methylation DNA, yang pada gilirannya meningkatkan fungsi sel dan mempertahankan ekspresi gen yang tepat. Selain itu, brokoli juga mengandung magnesium, kalium, dan kalsium yang membuat brokoli mampu membantu mengatur tekanan darah Anda.

Meningkatkan kesehatan jantung

Bahan kimia tertentu yang terkandung dalam brokoli dapat meningkatkan mekanisme pertahanan alami yang membantu menjaga dan membuka penyumbat arteri, mengurangi risiko serangan jantung secara keseluruhan. Beberapa ahli percaya bahwa kebiasaan konsumsi brokoli bahkan dapat membantu mengatasi kerusakan pada pembuluh darah jantung. Jadi, masukkan brokoli dalam menu diet Anda dan nikmati beberapa manfaat dari brokoli untuk kesehatan jantung Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement