Sabtu 10 Jan 2015 14:53 WIB

Cuaca Terik, Es Teh Dicampur Susu Bisa Jadi Pilihan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Hazliansyah
Es teh manis (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Es teh manis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain buah, daun, bunga serta serta batang tanaman, masih ada lagi yang bisa digunakan untuk membuat es teh yang nikmat. Diantaranya adalah susu yang bisa meningkatkan cita rasa teh. 

Teh tradisional pun rasanya lebih enak jika ditambahkan susu. Seperti apa kombinasinya? Berikut resepnya seperti dikutip dari allwomenstalk, Sabtu (10/1). 

Creamy Chai Iced Tea

Teh Chai banyak yang suka. Minuman manis yang berasal dari India ini turut meramaikan dan menambah koleksi sajian minuman-minuman di cafe-cafe di sejumlah negara. Tidak hanya rasanya yang enak, rempah-rempah yang yang ada didalamnya memberikan kenikmatan tersendiri.

Tapi resep yang satu ini berbeda, bukan teh Chai biasa. Rasanya lebih creamy karena menggunakan susu. Rasa yang unik dan enak juga aman untuk anak-anak.

Bahan yang digunakan adalah empat kantong teh Chai dan setengah cangkir susu kental manis. 

Cara membuatnya, rebus empat cangkir air dalam panci besar. Matikan api dan tambahkan teh celup. Seduh selama 10 menit. Buang kantong teh dan dinginkan. Tuangkan teh ke dalam gelas yang sudah ada esnya. Tambahkan sekitar dua sendok makan susu kental manis kedalam gelas tersebut. 

Thai Iced Tea

Thai Tea adalah minuman khas Thailand yang mencampurkan teh dan rempah-rempah ditambah krimer.

Jika anda mencari resep yang berbeda, ini adalah resep yang cocok untuk Anda. Tehnya memang bukan teh umum, tapi rasanya enak.

Bahan-bahan yang digunakan dua per tiga cangkir daun teh Thai, satu dua pertiga cangkir air didihkan. Tiga sendok makan gula dan susu evaporated. 

Cara membuatnya masukkan daun teh ke dalam mangkuk besar dan tambahkan air. Seduh selama lima menit. Sementara itu, di mangkuk lain, tempatkan gula dan saring teh ke dalam gula. Aduk sampai gula laru. Tuangkan teh kedalam gelas tinggi yang sudah berisi es. Dan berikan dua sendok susu evaporated diatasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement