Selasa 06 Jan 2015 13:25 WIB

Ini Alasan Sayuran Berdaun Hijau Wajib Dikonsumsi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bayam
Foto: Allwomenstalk
Bayam

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar orang enggan mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Alasannya mereka menganggap sayuran ini rasanya tidak enak. Terutama bagi anak-anak.

Padahal sayuran ini sangat baik untuk kesehatan. Sebab sayuran berdaun hijau mengandung banyak vitamin dan mineral. Pilihan sayur hijau berdaun juga banyak. Mulai dari selada, bayam, kangkung, sawi, lobak, kale (sayuran warna hijau dengan bentuk menyerupai brokoli) dan banyak lagi.

Sebenarnya apa kandungan dalam sayuran hijau berdaun? Laman Allwomenstalk memberi paparannya, Selasa (6/1).

Banyak air

Agar badan selalu sehat, Anda diwajibkan mengonsumsi cukup air setiap hari. Selain lewat air mineral, air juga terdapat dalam sayuran berdaun hijau. Air yang terkandung dalam sayuran ini tinggi dan bisa memberikan kontribusi kepada Anda dalam mencukupi kebutuhan air harian. Dengan semua air yang di dalamnya, selain bisa memuaskan dahaga juga membuat tubuh Anda sehat.

Vitamin K

Sebagian besar sayuran berdaun hijau gelap seperti kale dan bayam, mengandung vitamin K yang tinggi. Vitamin K merupakan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh Anda. Fungsi vitamin ini untuk membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan. Jika Anda kekurangan vitamin ini, bisa menggangu pembekuan darah dalam tubuh Anda dan akan berakibat fatal saat Anda terluka. Kale biasa digunakan dalam sup dan masakan yang ditumis. Atau tambahkan sedikit dalam salad juga sangat bagus.

Vitamin A

Selain vitamin K, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin A. Tubuh Anda membutuhkan vitamin A karena bisa melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga menjaga berbagai penyakit berkembang dalam tubuh.

Secara umum, sayuran berwarna hijau mengandung banyak vitamin A. Jadi tak ada salahnya jika Anda meningkatkan konsumsi sayuran hijau. Bisa Anda tambahkan selada dalam salad, sandwich, atau tambahkan bayam sebagai topping pizza. Atau bisa juga selipkan sayuran seperti brokoli untuk cemilan Anda di sore hari.

Mengandung folat

Folat yang juga disebut asam folat adalah vitamin B. Folat sangat penting bagi ibu hamil karena memainkan peranan penting untuk DNA dan perkembangan janin. Kurangnya nutrisi ini selama kehamilan dapat menyebabkan anak lahir cacat. Karena itu, mengonsumsi sayuran berdaun hijau sangat dianjurkan bagi perempuan hamil karena banyak mengandung folat.

Selain itu, sebelum hamil perempuan juga wajib konsumsi sayuran hijau, sebagai persiapan kala ia hamil nanti. Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kebutuhan akan folat akan tercukupi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement