Ahad 04 Jan 2015 06:59 WIB

Kawasan Rancabuaya Akan Dijadikan Kawasan Percontohan Wisata Pantai Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indah Wulandari
Pantai Rancabuaya, Garut
Foto: disbudpar
Pantai Rancabuaya, Garut

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT--Pemprov Jawa Barat akan mengembangkan Pantai Rancabuaya di Kabupaten Garut sebagai tujuan pariwisata andalan.

''Mudah-mudahan bisa kami kembangkan. Kami akan tata dan desain semenarik mungkin," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Sabtu (3/1).

Menurut Aher, panggilannya, pantai tersebut sangat potensial untuk dikembangkan. Pemprov Jabar, akan mendesain pantai tersebut agar menjadi perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

''Kami berencana akan menjadikan Pantai Ranca Buaya ini menjadi wisata unggulan Jabar,'' katanya.

Pembenahan potensi Pantai Rancabuaya, kata dia, dimulai dari lahan milik provinsi sekitar 11 hektare di sekitarnya. Kemungkinan, lahan itu bisa dibebaskan sehingga bisa dibuat sebagai kawasan percontohan wisata pantai yang nyaman.

Masterplan pembenahan pantai ini, akan dimulai pada tahun ini juga. Namun, pengembangannya dilakukan tahun depan. "Rancangannya di desain oleh ahli pariwisata," katanya.

Aher juga tertarik mengembangkan Goa Lalai atau Goa Kelelawar yang akan menambah keunikan pantai Ranca Buaya tersebut. Posisinya dinilai unik karena ada tanjung dan daratan yang menjulang ke lautan.

"Bawahnya itu karang dan bawahnya lagi itu tembus ke laut," katanya.

Heryawan mengakui, akses jalan menuju pantai Rancabuaya dan Goa Lalai masih sangat jelek dan tidak ada Penerangan Jalan Umum (PJU). Menurut Aher, memang sengaja perbaikan jalan dan PJU belum dilakukan karena takut menjadi kumuh dipenuhi kios pedagang.

''Jadi, kami tidak mau pasang listrik dulu sebelum membuat masterplan untuk membuat pantai Ranca Buaya dan Goa lalai menjadi sebuah Destinasi wisata," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement