Selasa 16 Dec 2014 09:01 WIB

Ini Rahasia Mengemas Koper Liburan Musim Dingin Anda

Pilih jaket yang panjangnya minimal selutut saat berlibur ke daerah bersalju agar tubuh bisa tetap hangat dan liburan pun berjalan lancar.
Foto: Reuters
Pilih jaket yang panjangnya minimal selutut saat berlibur ke daerah bersalju agar tubuh bisa tetap hangat dan liburan pun berjalan lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, Musim liburan sudah dekat. Saatnya memilih pakaian, sepatu, hingga aksesoris yang cocok untuk dibawa ke tempat liburan. Salah satu destinasi liburan yang favorit saat tutup tahun adalah daerah dengan empat musim, yang di akhir tahun biasanya bersalju.

Mengemas isi koper liburan musim dingin memerlukan trik tersendiri. Faktor tinggal di daerah tropis membuat pakaian sehari-hari sangat berbeda dengan pakaian penduduk negara empat musim.

Konsultan penampilan, Khairiyyah Sari, membagi rahasia mengemas koper liburan musim dingin. Menurut Sari, faktor yang paling harus diperhatikan adalah memilih tipe bahan pakaian saat memilih baju untuk liburan jenis ini.

''Liburan akhir tahun biasanya mengunjungi negara dengan temperatur rata-rata minus 2 derajat celcius hingga 12 derajat celcius, tergantung negara tujuan. Yang terpenting adalah memilih bahan pakaian,'' katanya, Selasa (16/12).

Untuk menghangatkan tubuh Sari menyarankan memilih pakaian dari bahan wool, cashmere, dan mohair. Bahan-bahan tersebut umumnya tidak mudah kusut. ''Atasan model jumper atau cardigan biasanya tidak akan kusut bila mengandung bahan-bahan tersebut,'' katanya.

Satu item pakaian lagi yang penting menurut Sari adalah legging. Legging digunakan sebagai dalaman sebelum mengenakan celana.

Untuk jaket, pemilik situs liburan dan penampilan www.thestyletravelista ini menambahkan, pilih model yang panjang atau long coat. ''Paling tidak pilih jaket yang panjangnya selutut, sebab bagian kaki kadang paling dahulu terasa dingin,'' katanya menerangkan.

Sari mengatakan, jaket model parka merupakan pilihan yang paling tepat. Ia tidak merekomendasikan model trench coat karena model ini paling cocok dipakai untuk musim semi atau gugur. Bukan saat musim dingin.

''Penting juga untuk membawa topi yang bisa menutupi kuping,'' kata Sari. Topi tidak kalah penting karena bagian kuping juga akan terasa dingin, terutama bila Anda berambut pendek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement