Selasa 26 Jan 2016 16:59 WIB

Korea Tarik Minat Wisata Musim Dingin Lewat Acara TV

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Keluarga menikmati liburan musim dingin di Hwacheon Sancheoneo Ice Festival yang terletak Hwacheon-gun, Gangwon, awal Januari 2016.
Foto: EPA
Keluarga menikmati liburan musim dingin di Hwacheon Sancheoneo Ice Festival yang terletak Hwacheon-gun, Gangwon, awal Januari 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, Korea sudah lama menjadi salah satu tujuan populer musim dingin. Termasuk bagi wisatawan Asia Tenggara, yang menggemari beragam festival saat musim dingin.

Untuk lebih mempromosikan pariwisata musim dingin, Korea Tourism Organization (KTO) berencana untuk mempromosikan Korea sebagai lokasi pengambilan gambar untuk serial drama dan acara televisi Asia Tenggara.

Setidaknya tujuh drama dan acara televisi yang diproduksi oleh Malaysia, Filipina, Thailand, Indonesia, Vietnam, Hong Kong dan Singapura akan dilakukan di Korea hingga musim dingin berakhir Februari.

"Baru-baru ini, pola kunjungan di negara-negara Asia Tenggara telah bergeser dari kelompok ke individu," kata Chung Gi-jung, direktur divisi Asia-Timur Tengah dari KTO. Ia juga menambahkan, untuk menarik wisatawan individu KTO menggunakan berbagai saluran. Mulai dari layanan internet hingga jejaring sosial. Tapi saluran penyiaran atau televisi dipandang masih paling efektif.

Acara hiburan di Indonesia termasuk mengambil gambar di Korea Desember lalu dekat lokasi Olimpiade Pyeong Chang 2018, yang tayang pada akhir Februari. "Kami berharap pada Olimpiade Musim Dingin Pyeong Chang 2018 akan meningkatkan pariwisata musim dingin Korea, seperti fenomena hallyu," kata Chung.

(baca: Mencari Makanan Halal di Korea? Ini Tipsnya)

Organisasi Pariwisata Gyeonggi telah menjalankan program pariwisata bagi wisatawan Asia Tenggara sebagai bagian dari kampanye bersama dengan cabang di Kuala Lumpur, Malaysia. Gapyeong City Tour Bus menghubungkan berbagai tempat wisata, seperti ‘Petite France’, sebuah desa bertema Prancis yang juga dikenal sebagai lokasi untuk drama TV Korea "My Love From The Star" yang dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan Kim Soo-hyun.

KTO juga mengundang sekitar 140 wartawan asing dan agen perjalanan November lalu, sebagai bagian dari upaya untuk menarik pengunjung Asia Tenggara, terutama untuk mempromosikan Provinsi Gangwon.  Gangwon merupakan tempat syuting drama "Saimdang, The Herstory" yang dibintangi oleh Lee Young-ae dan Song Seung-hun.

"Provinsi Gangwon adalah pintu gerbang musim panas dan musim dingin. Saya berharap drama ini akan membantu wilayah tersebut dan menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, menjelang Olimpiade Musim Dingin Pyeong Chang 2018" kata Jung Chang-soo, CEO dari KTO.

"Hallyu" atau Gelombang Korea, telah memberikan dorongan besar untuk industri pariwisata Korea dalam dua dekade terakhir, menarik sejumlah besar penggemar K-pop dan K-drama dari negara lain untuk mengunjungi Korea, dikutip dari Korea Times.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement