Selasa 09 Dec 2014 13:25 WIB

Sebelum Anak Menonton Kartun, Ortu Harus Cermati Dulu Karakternya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kartun Kabayan
Foto: www.rizwardtsilver.blogspot.com
Kartun Kabayan

REPUBLIKA.CO.ID, Sebelum anak jatuh cinta pada tokoh kartun atau tokoh animasi, psikolog anak, Ine Indriani, MPsi menyarankan agar orang tua harus benar-benar kritis melihat tokoh kartun apa yang disukai anak. Perhatikan betul bagaimana sifat dari karakter tokoh tersebut. Cari tahu, lebih banyak positifnya atau negatifnya.

Selain itu, orang tua harus waspada dan kritis terhadap karakter yang dipilih anak. Karena sifat anak cenderung meniru. Anak jadi mudah terpengaruhi tokoh kartun yang kerap ditontonnya.

"Khawatirnya kalau tokoh yang disukai anak tersebut mempunyai sifat yang lebih negatif maka takutnya ditiru," ujarnya kepada ROL, Selasa (9/12).

Sebelum anak terlanjur jatuh hati dengan tokoh kartun tertentu, orang tua pun diminta mempelajari sifat-sifat atau karakter dari jalan cerita tokoh tersebut. Pastikan tokoh kartun yang ditonton anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pastikan juga tokoh kartun itu lebih banyak menampilkan karakter dan jalan cerita yang positif.

Ine menambahkan orang tua harus bisa membatasi waktu anak menonton. Sebaiknya anak tidak menonton televisi dan bermain gadget lebih dari dua jam dalam satu hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement