Jumat 05 Dec 2014 15:15 WIB

Pelesiran Sendirian, Mengapresiasikan Apa yang Anda Miliki

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Solo traveller
Foto: Stuff
Solo traveller

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak pernah jalan-jalan sendirian? Takut memulainya? Takut kesasar? Hmm, jangan khawatir dan jangan takut.

Simak beberapa alasan mengapa Anda perlu sesekali jalan sendirian dan apa manfaatnya untuk diri Anda seperti dilansir laman Allwomenstalk, Jumat (5/12).

Pelancong bukan turis

Ini perbedaan besar antara pelancong dan turis. Pelancong mendengarkan, sedangkan turis mendengar. Pelancong tahu mana pengalaman sesungguhnya dan itu bukan hanya sekedar postcard atau gambar yang sempurna. Pelancong belajar untuk membuka lebih dan mendapatkan kepercayaan, ideologi dan kebudayaan daerah yang dikunjungi.

Mendapatkan tempat lebih

Pergi jalan-jalan sendiri memungkinkan Anda mendapatkan tempat lebih dibanding jalan-jalan ramai-ramai. Lebih disini maksudnya kuantitas atau jumlahnya. Jalan-jalan sendirian membuat Anda menikmati momen dengan laju tertentu pada tempat yang ingin Anda kunjungi. Anda tidak membutuhkan membesarkannya dan keluar dari satu tempat. Anda dapat tinggal di satu kampung untuk lima hari jika Anda mau dan lakukan aktivitas seperti masyarakat lokal. Ini lebih baik daripada sekedar gambar yang Anda dapatkan didepan pagoda kuno.

Sosialisasi bukan keharusan

Anda bisa menjauhkan diri dan sombong bahkan orang bisa mengatakan kalau Anda anti sosial. Anda tidak perlu untuk terus-terusan tersenyum atau terlalu dekat dan bersahabat. Di lain waktu, jika Anda ingin bersosialisasi, lakukanlah. Banyak orang di penginapan, tempat-tempat turis atau bahkan supermarket lokal yang bisa ditemukan. Dan lakukan pecakapan menarik untuk seorang pelancong.

Mengapresiasi apa yang Anda punya dan tidak

Terkadang, Anda tidak menyadari ketika Anda tergabung dalam kelompok teman atau keluarga, terlalu banyak hal yang dikatakan dan dilakukan. Jalan-jalan sendiri membuat Anda merefleksikan lebih karena itu memang lebih. Misalnya waktu untuk duduk atau merasa takjub ketika melihat pemandangan indah. Jika Anda pergi bersama teman atau keluarga, kadang Anda gagal untuk mengapresiasikannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement