Selasa 26 Sep 2023 07:19 WIB

Mau Jalan-Jalan Gratis, Coba Kiat Ini

Ada kiat jalan-jalan gratis dari seorang backpacker.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada kiat tersendiri agar bisa jalan-jalan hemat hingga gratis dari seorang backpacker solo asal Inggris/ilustrasi
Foto: Reuters
Ada kiat tersendiri agar bisa jalan-jalan hemat hingga gratis dari seorang backpacker solo asal Inggris/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seorang backpacker yang telah mengunjungi 40 negara, Claire Sturzaker, membagikan tiga tipnya untuk bepergian secara gratis kepada wisatawan lainnya yang ingin menjelajah dunia tanpa menguras kantong mereka. Claire Sturzaker, yang dikenal di Instagram sebagai Tales of a Backpacker adalah seorang pelancong penuh waktu yang telah menjelajahi 40 negara.

Sturzaker juga menulis blog tentang pengalamannya dan berbagi tip dengan komunitas wisatawan di seluruh dunia. Warga negara Inggris itu sering melakukan perjalanan sendirian. Perjalanannya dimulai ketika Sturzaker berusia 19 tahun, saat dia melakukan perjalanan solo pertamanya ke sebuah peternakan di Wisconsin. Di sana, Sturzaker menghabiskan musim panas, bekerja di peternakan, dan mendapatkan bayaran. "Saat saya melakukan perjalanan backpacking ini, saya benar-benar tidak mampu menjangkaunya,” kata Sturzaker tentang perjalanan awalnya, dilansir Insider, Selasa (25/9/2023).

Baca Juga

Sekitar 20 tahun kemudian, Sturzaker masih menjelajahi dunia dan tetap berusaha menghemat uang selama perjalanannya. Berikut adalah tiga tips yang dibagikan oleh Sturzaker:

1. Program Pertukaran Kerja

Sturzaker merekomendasikan mencari program di mana Anda dapat bekerja beberapa jam sehari sebagai imbalan untuk akomodasi dan fasilitas lainnya. Ini dapat membantu Anda menghemat biaya akomodasi saat bepergian.

 

2. Menjaga Hewan Peliharaan dan Menjaga Rumah

Bagi mereka yang lebih suka tinggal sendiri daripada di hotel, Sturzaker merekomendasikan untuk menjaga rumah dan menjaga hewan peliharaan. Ini dapat memberikan Anda akomodasi gratis, tetapi Anda harus siap untuk bertanggung jawab atas hewan peliharaan dan rumahnya.

 

3. Manfaatkan Aktivitas Gratis

Sturzaker menyarankan untuk menghabiskan waktu luang Anda menjelajahi destinasi dengan melakukan hal-hal gratis seperti tur gratis, museum gratis, atau hanya berinteraksi dengan penduduk setempat. Aktivitas semacam ini dapat memberikan pengalaman berharga tanpa menghabiskan banyak uang.

Sturzaker juga menekankan bahwa perjalanan tidak selalu harus mahal untuk menjadi pengalaman yang luar biasa. Kadang-kadang, hal-hal sederhana seperti berbicara dengan orang lain atau berinteraksi dengan penduduk setempat dapat memberikan pengalaman yang jauh lebih berharga daripada menginap di hotel mewah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement