Kamis 04 Dec 2014 01:37 WIB

Aktor Inggris Idris Elba Prihatin Perkembangan Ebola di Afrika

Rep: c66/ Red: Agung Sasongko
Idris Elba
Foto: AFP
Idris Elba

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aktor Inggris Idris Elba mempelihatkan keprihatinannya terhadap penyakit ebola yang masih berkembang di Afrika Barat. Pada Rabu (3/12), ia bersama dengan sejumlah bintang sepak bola internasional meluncurkan kampanye memerangi penyakit mematikan itu.

Setidaknya lebih dari 6000 penduduk yang tersebar di sejumlah wilayah di Afrika Barat telah tewas sejak penyakit ini mulai berkembang pada awal tahun. Tiga negara yang dilaporkan memiliki penderita terbanyak adalah Liberia, Guinea, dan Sierra Leone.

"Bagi saya, pertempuran melawan ebola adalah suatu hal pribadi yang mana negara-negara darimana kedua orang tua saya berasal tengah dilanda penderitaan karena penyakit yang mengerikan ini," ujar Idris Elba, dilansir Reuters, Rabu (3/12).

Dalam kampanyenya ini, Elba memberikan edukasi seputar bagaimana mengenali tanda-tanda penyakit ebola terhadap penduduk di Afrika Barat. Ia juga memberikan beberapa tips untuk mencegah infeksi baru bermunculan dan bagaimana agar penyebaran virus ini tidak terjadi secara mengganas.

Kampanye yang juga didukung oleo US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Foundation ini juga menghadirkan gelandang Manchester City , Yaya Toure yang berasal dari Pantai Gading. Meski berbatasan dengan tiga negara yang terinfeksi ebola, wilayah asal Toure tersebut hingga kini masih dinyatakan bersih dari virus.

"Saya tidak ingin kembali tanpa melakukan sesuatu untuk memerangi ebola. Mereka yang sudah berjuang melawan ebola, namun harus meninggal merupakan pahlawan karena mereka menggunakan apapun yang dimiliki untuk menghentikan virus mematikan ini," ujar Toure

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement