Kamis 04 Dec 2014 13:39 WIB

Ini Penyebab Bibir Berwarna Gelap

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Bibir sehat terawat/ilustrasi
Foto: ilovediscounts.my
Bibir sehat terawat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bibir gelap menjadi salah satu problem kecantikan yang cukup banyak dikeluhkan perempuan. Banyak yang beranggapan aktivitas merokok menjadi salah satu penyebab bibir berwarna gelap. Padahal, tidak selalu demikian.

Sebagian orang tetap memiliki bibir gelap meski bukan perokok. Ada banyak hal yang memengaruhi warna bibir seseorang. Salah satunya, faktor keturunan. “Kalau orang tuanya berbibir gelap, kemungkinan anaknya juga begitu,” ujar dr Gloria Novelita SpKK.

Selain faktor genetik, faktor eksternal juga dapat menjadi penyebab masalah tersebut.

Selain rokok, paparan sinar matahari juga dapat menggelapkan bibir. Sama seperti kulit di bagian tubuh lain yang memiliki melanin, bibir dapat menjadi gelap. Di samping sinar UV, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bisa mengakibatkan peningkatan pigmen melanin di bibir.

Penggunaan lipstik yang tidak tepat pun bisa membuat bibir berwarna gelap. Kalau bahan pembuat lipstiknya tidak cocok, dalam jangka panjang penggunaan lipstik dapat membuat bibir menghitam. “Sebaiknya, coba aplikasikan dulu lipstik baru pada kulit di belakang telinga dan diamkan selama 24 jam untuk menguji reaksi alergi,” kata Gloria memberi tips.

Selanjutnya, oleskan pelembab bibir sebelum memakai lipstik. Dengan pelembab, bibir akan terhindar dari risiko pecah-pecah dan mencegah pigmen lipstik tidak mudah masuk ke sel kulit bibir. “Jangan lupa membersihkan setelah pemakaian lipstik karena sisa lipstik yang tertinggal dapat membuat bibir tampak kehitaman,” ujar Gloria.

Orang yang terbiasa membiarkan bibirnya kotor oleh sisa lipstik akan membuat pigmen warna lipstik menempel dan menjadi permanen. Semakin pekat warna lipstik, pigmennya pun semakin mudah masuk ke bibir. Apalagi, jika bibir tersebut mengalami pecah-pecah. Untuk membersihkan lipstik, gunakan kapas dan susu pembersih ataupun pembersih khusus bibir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement