Jumat 21 Nov 2014 14:14 WIB

Menpar Siapkan Strategi Agar Gunung Padang Masuk UNESCO

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur
Foto: ROL/Santi Sopia
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Situs Gunung Padang yang berlokasi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dianggap layak masuk UNESCO. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku telah mempersiapkan strategi untuk itu.

"Saya pikir sangat layak karena ini warisan nenek moyang, cagar budaya yang sarat sejarah, ilmu pengetahuan, agama maupun kebudayaan," ujar Arief di Cianjur, Kamis (20/11) kemarin.

Sementara strategi yang disiapkannya antara lain, mendorong SDM agar sadar wisata dan lingkungan yang memenuhi syarat agar masuk UNESCO.

"Agar sapta pesona zaman dulunya tergali dan memenuhi syarat seperti lingkungan yang harus aman, tertib, nyaman, bersih, indah, " katanya.

Dia menambahkan, persyaratan lain seperti pemandu (guide) yang juga harus terdidik. "Nah situs ini juga sudah punya pemandu yang bagus. Maka untuk hal pendukung lainnya akan segera dilaksanakan," imbuh dia.

Untuk menggali lebih jauh potensi situs ini juga, lanjut dia, pihaknya akan melakukan restorasi. "Riset harus terus dilakukan. Kita gelontorkan anggaran untuk restorasi, namun belum pasti berapa," ujarnya.

Untuk masuk UNESCO juga menurut dia, situs ini sebelum dikenal lebih luas oleh dunia, maka penduduk lokanya juga harus sejahtera terlebih dulu.

"Kita tidak hanya fokus di satu sektor misalnya pariwisata. Tetapi juga ekonomi, kesejahteraan. Tentunya situs ini kita akan bawa tidak hanya untuk menyejahterakan masyarakat di sini khususnya tetapi juga se Indonesia," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement