Kamis 20 Nov 2014 16:06 WIB

Mickey Mouse dan SpongeBob Semarakkan Langit Meksiko

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Winda Destiana Putri
Balon Spongebob
Foto: Dailymail
Balon Spongebob

REPUBLIKA.CO.ID, LEON -- Sebuah momen spektakuler berlangsung di Leon, Meksiko awal pekan lalu. Ratusan balon udara aneka warna dan bentuk dilepas ke udara dalam Festival Balon Internasional ke-13.

Sekitar 400 ribu penonton berkumpul untuk menyaksikan festival tersebut. Hampir 200 balon udara dilepas. Balon udara berbentuk Mickey Mouse, SpongeBob SquarePants dan paus menjadi daya tarik tersendiri.

Penonton sangat antusias. Mereka datang lebih awal untuk mendapatkan posisi yang tepat untuk melihat pertunjukan balon udara. Salah satu balon udara ada yang terbang rendah hingga bagian bawahnya menyentuh permukaan danau.

Lebih dari 15 negara berpartisipasi dalam festival tersebut dan merupakan yang terbesar di Amerika Latin. Festival Balon Internasional pertama kali berlangsung pada 2002 dengan hanya 27 balon udara.

Festival ini juga mendorong geliat perekonomian lokal di Leon. Penyelenggara mengklaim hotel di kawasan tersebut penuh selama akhir pekan.

"Ini acara yang sangat besar. Tahun ini kami memperkirakan ada 430 ribu pengunjung dengan keuntungan sekitar 500 juta peso atau 36.887 dolar AS," ujar Menteri Pariwisata Leon Manuel Lopez, dikutip dari Daily Mail, Kamis (20/11).

Balon udara yang diawaki manusia pertama kali mengudara pada 1783 dengan ketinggian satu kilometer. Pada 1842 atau 50 tahun kemudian, Don Benito Leon Acosta dan Rubi de Celis menerbangkan balon udara pertama di Meksiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement