Selasa 11 Nov 2014 14:20 WIB

Kram Perut yang Harus Diwaspadai Saat Hamil

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu hamil
Foto: Republika/Amin Madani
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Saat hamil, nyeri dan sakit di bagian perut merupakan hal yang normal. Tapi, bukan berarti semua sakit perut saat hamil itu tidak masalah.

Anda harus tetap waspada bila sakit perut disertai dengan adanya gejala yang serius seperti yang dilansir laman parentdish.

Sakit perut yang harus Anda waspadai adalah adanya infeksi di bagian perut.  Sakit atau nyeri pada perut bisa disebabkan oleh sesuatu selain kehamilan, misalnya usus buntu atau infeksi kandung kemih. Jika Anda juga mengalami diare atau muntah, mungkin ada masalah dengan perut Anda. Jika merasa sakit dan demam, nyeri dan sakit bersama-sama dengan kram, Anda perlu berhati-hati agar tidak terjadi dehidrasi.

Sakit pada perut Anda saat hamil juga bisa menandakan adanya keguguran di awal kehamilan. Sayangnya, gejala awal keguguran cukup umum. Ini biasanya terjadi hanya karena fetus belum berkembang dengan baik. Gejala lain yang menyertai adalah kram dan adanya perdarahan disertai oleh keluarnya cairan vagina.

Berikutnya sakit perut saat hamil juga bisa menandakan adanya kehamilan ektopik. Kehamilan seperti ini terjadi ketika pembuahan dan pertumbuhan implan telur di tempat yang salah, paling sering dalam tabung fallopii. Kehamilan ini tidak layak dan membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin.

Gejala akan hadir lebih awal pada minggu kelima sampai minggu ke-14. Selain itu juga disertai kram, paling sering hanya di satu sisi tubuh, bersama dengan pendarahan vagina. 

Sakit perut saat hamil juga bisa menandakan adanya keguguran di akhir kehamilan. Biasanya terjadi setelah 12 minggu kehamilan sebelum minggu ke 23. Gejala itu akan menyakitkan termasuk kram perut bersama dengan perdarahan berat. Jika mencurigai Anda mengalami keguguran di akhir, segera pergi ke rumah sakit dan periksakan diri.

 

Selain itu, sakit perut yang harus Anda waspadai adalah pertanda kelahiran lebih awal. Kram yang Anda rasakan sangat menyakitkan setelah minggu ke-23. Ini bisa menjadi pertanda Anda akan melahirkan prematur. Kram tersebut disertai dengan rasa sakit di panggul sedikit ke bawah dan juga di punggung. Ini pertanda adanya kontraksi rahim.

Jika hal ini terjadi, langsung pergi ke rumah sakit terdekat. Kelahiran tidak dianggap prematur jika sudah masuk minggu ke-37.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement