Selasa 11 Nov 2014 13:59 WIB

Kenapa Ya Perempuan Hamil Muda Bisa Kram?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
hamil
Foto: Prayogi/Republika
hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Saat hamil perempuan kerap merasakan kram di perutnya, rasa tersebut menyerupai ketika perempuan sedang datang bulan. Di awal kehamilan, tubuh Anda mengalami perubahan yang cukup cepat dan ini menjadi salah satu alasan mengapa Anda merasakan sakit pada bagian perut.

Dalam laman parentdish dijelaskan di awal kehamilan, Anda akan merasakan kram yang lembut sama seperti periode menstruasi. Selain itu, disertai juga keluarnya cairan bening atau darah dari vagina Anda. Hal ini terjadi karena sel telur menempel pada dinding rahim.

Beberapa kram disebabkan karena rahim dalam perut Anda sedang mengalami perubahan bentuk dan menyiapakan tempat untuk janin Anda. Kemudian janin Anda akan tumbuh dan berkembang di rahim. Selain itu, di bagian perut juga akan melar dan ini akan membuat Anda tidak nyaman. Biasanya terjadi pada satu atau kedua sisi di tubuh Anda.

Tentu saja sesuai kemajuan kehamilan, Anda akan merasakan kram selama atau setelah berhubungan suami istri. Jika Anda orgasme otot-otot perut anda akan kontraksi dan memungkinkan terjadinya kontraksi palsu Braxton Hicks, yang mana sakitnya bervariasi mulai dari yang lembut sampai yang berat yang membuat Anda tidak nyaman.

Kenyataannya, Braxton Hicks bisa dipicu dengan berbagai aktivitas termasuk berjalan menaiki tangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement