Kamis 06 Nov 2014 03:50 WIB

Lukisan Langka Ini Terjual Seharga Rp 753 Miliar

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Yudha Manggala P Putra
Lukisan van Gogh bertajuk “Still Life, Vase With Daisies and Poppies”.
Foto: Reuters
Lukisan van Gogh bertajuk “Still Life, Vase With Daisies and Poppies”.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Sebuah lukisan langka hasil karya seni Vincent Willem van Gogh yang dibuat beberapa pekan sebelum kematiannya, dihargai senilai 61,8 juta dolar AS (setara Rp 753 miliar).

Lukisan itu berhasil terjual dengan harga fantastis dalam lelang benda-benda seni yang digelar di Kota New York, AS, Selasa (4/11) lalu.

Dilansir AP, lukisan van Gogh yang dibuat pada 1890 itu berjudul “Still Life, Vase With Daisies and Poppies”. Awalnya, pihak pengelola lelang memperkirakan lukisan tersebut laku dengan harga antara  30 juta hingga 50 juta dolar AS. Benda seni itu menjadi salah satu dari beberapa karya van Gogh yang ia jual semasa hidupnya.

Salah satu pendiri Museum of Modern Art, A Conger Goodyear, pernah menjadi pemilik lukisan tersebut pada 1928. Terakhir, sebelum dilelang pada Selasa lalu, seorang kaya lainnya membeli lukisan itu dari Goodyear 24 tahun silam.

Vincent Willem van Gogh adalah seorang pelukis beraliran post-impressionist asal Belanda kelahiran 1853.  Karya-karyanya sangat terkenal karena keindahan coretan, kejujuran emosional, dan warna-warnanya yang berani. 

Salah satu karya van Gogh bahkan pernah menembus rekor lelang seharga 82,5 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement