Kamis 28 Nov 2019 16:17 WIB

Dilelang, Jaket Sunflowers YSL 1988 Cetak Rekor Fantastis

Galeri Nasional Victoria memenangkan lelang jaket Sunflowers YSL.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Jaket Sunflowers koleksi Yves Saint Laurent dilelang dengan harga fantastis oleh balai lelang Christies.
Foto: Balai Lelang Christies.
Jaket Sunflowers koleksi Yves Saint Laurent dilelang dengan harga fantastis oleh balai lelang Christies.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Jaket sulaman koleksi Yves Saint Laurent (YSL) yang terinspirasi oleh “Sunflowers” karya Vincent van Gogh terjual dengan harga fantastis, yakni 382 ribu euro atau Rp 5,9 miliar. Padahal, jaket itu semula diharapkan laku antara 80 ribu euro dan 120 ribu euro dalam penjualan di balai lelang Christie.

Galeri Nasional Victoria di Melbourne, Australia berhasil memenangkan lelang jaket yang pernah diperagakan oleh supermodel Naomi Campbell itu. Jumlah uang yang bersedia dikeluarkan untuk lelang itu sekaligus menorehkan rekor harga pakaian dari perancang terkenal Prancis.

Baca Juga

Menurut laman museum Yves Saint Laurent, seperti yang dilansir dari Malay Mail, Kamis (28/11), jaket berwarna kuning dan oranye terang itu memiliki bordir sulaman haute couture Maison Lesage. Butuh waktu lebih dari 600 jam untuk menyelesaikan bordiran yang dikerjakan dengan tangan itu.

Jaket Sunflowers merupakan bagian dari koleksi musim semi/musim panas tahun 1988 Yves Saint Laurent. Kala itu, YSL hanya menyediakan empat potong jaket berpayet berlapis sutra itu.

Koleksi Yves Saint Laurent 1988 juga menampikan jaket yang sama detailnya untuk menghormati karya lukisan Van Gogh. Karya tersebut bertema bunga, bernama “Iris”.

Pakaian berwarna biru dan ungu dilelang seharga 175.500 euro atau Rp 2,7 miliar. Jumlah tersebut adalah empat kali harga yang tertera di buku petunjuk pada Januari.

Pakaian ini berasal dari lemari pengusaha kelahiran Lebanon, Mouna Ayoub. Pecinta mode tersebut merupakan salah satu wanita terkaya di dunia.

“Saya selalu terpesona dengan lukisan, jadi wajar saja jika itu menginspirasi kreasi saya,” kata mendiang Saint Laurent dalam katalog untuk pameran Paris 2004. Yves Saint Laurent meninggal pada 2008 dalam usia 71 tahun.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement