Rabu 05 Nov 2014 12:15 WIB

Mau Gaji Awet? Ini Tipsnya (2-Habis)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Supaya hemat, jangan pernah pergi belanja dalam keadaan perut lapar.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Supaya hemat, jangan pernah pergi belanja dalam keadaan perut lapar.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat gajian merupakan waktu yang paling ditunggu siapa saja. Namun, saat itu juga waktunya untuk membayar cicilan rumah, mobil, kartu kredit atau cicilan lainnya. Alhasil, kocek pun mengering di pertengahan dan akhir bulan. Jangankan untuk belanja di tanggal tua, untuk sekedar bertahan hidup dan menunggu gajian berikutnya sangat berat.

Jangan khawatir, Perencana Keuangan Independen, Pandji Harsanto CFP memiliki trik jitu. Trik tersebut dibaginya menjadi enam untuk memudahkan Anda menjalani dan mematuhinya. 

Keempat,

Usahakan bawa bekal makan siang sendiri saat bekerja. Banyak keuntungan yang didapatkan jika Anda membawa bekal makan siang sendiri. Anda akan mendapatkan makan siang yang sesuai selera anda, Anda tidak perlu ke luar kantor atau meminta tolong OB untuk membelikan makan siang dan Anda mendapatkan makan siang yang lebih bersih dan higeinis.

Kelima,

Gunakan promosi kartu kredit. Sah-sah saja menggunakan kartu kredit untuk berbelanja bulanan. Apalagi banyak supermarket yang menawarkan diskon jika kita menggunakan kartu kredit tertentu. Bisa lebih hemat.

Keenam,

Sesuaikan kebutuhan, kemampuan dan keinginan. Belanja berarti kita harus pintar bercermin. Terkadang sulit membedakan apa yang dibutuhkan dengan apa yang diinginkan. Belum lagi pada tahap mengukur kemampuan kita. Untuk itulah sebelum membeli barang, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah barang atau jasa ini pantas saya beli sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan saya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement