Jumat 26 Sep 2014 06:33 WIB
Kesehatan

Kiat Memperbanyak Produksi ASI

Bayi menyusui.
Foto: Foxnews
Bayi menyusui.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, bagaimana caranya memperbanyak jumlah ASI?

Terima kasih

Siswindari (26 tahun)

Jawaban:

Salam ASI!

Untuk kembali meningkatkan produksi ASI maka atasi penyebab dan pahami bahwa produksi ASI memiliki prinsip "Supply Meet Demand". ASI akan diproduksi sejumlah yang dikeluarkan baik dengan cara disusui atau pun diperah.

Oleh karena itu, terdapat beberapa cara dalam upaya meningkatkan produksi ASI:

1. Pastikan bayi menyusu secara efisien, yakni keluarkan ASI lebih banyak dari payudara baik dengan disusui langsung atau perah atau keduanya dilakukan. Bayi yang menyusu secara efisien akan mengeluarkan ASI dari payudara secara efisien juga, ingat prinsip produksi ASI "Supply Meet Demand". Bayi akan menyusui secara efisien jika bayi menyusu dengan posisi dan pelekatan yang efektif di payudara.

2. Menyusu sesering mungkin sesuka bayi (tidak dijadwal). Jika bayi sering tidur, dan jarang menyusu bahkan popoknya jarang basah apalagi berat badan tidak atau lambat bertambah, sebaiknya bayi dibangunkan untuk disusui dan diusahakan bayi menyusu sampai tuntas.

3. Tidur bersama bayi, dengan cara ini kita akan lebih mudah mengenali tanda lapar bayi di malam hari dan lebih mudah menyusuinya.

4. Tawarkan kedua payudara setiap kali menyusu, jika bayi sudah kenyang dengan hanya menyusu di satu payudara maka payudara yang belum disusui ke bayi perlu diperah agar kedua payudara "kosong" bersamaan di tiap waktu menyusu.

5. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi

6. Perah, selain untuk mengosongkan payudara yang belum disusui juga untuk memastikan payudara yang sudah disusui benar-benar "kosong", ditambahkan 2-5 menit perah untuk payudara yang sudah disusui hingga tetes-tetes terakhir. Perah dengan teknik marmet memadukan kegiatan memerah dan memijat.

7. Menggunakan galaktagog, yang merupakan suplemen atau makanan atau minuman yang diyakini dapat menambah produksi ASI. Namun, perlu diingat bahwa galaktagog tidak serta merta akan meningkatkan produksi ASI tanpa disertai manajemen menyusui yang tepat.

Masih terdapat pula teknik pijat yang dikenal sebagai metode pijat oksitosin. Pijat ini bermaksud merangsang keluarnya oksitosin sehingga let down reflex (refleks pengeluaran ASI dari payudara) terjadi. Pijat dapat dilakukan di daerah punggung setinggi payudara.

Selamat mencoba, semangat menyusui!

EdukASI diri,menyusuilah dengan keras kepala.

dr Gita Tiara Paramita

Konselor Laktasi-Klinik Anak ASI Sehat di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement