Ahad 21 Sep 2014 17:10 WIB

Bermula Dari Keprihatinan, Bisnis Busana Muslimah Cilik Kini Beromzet Rp 1 M

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Produk untuk Muslimah cilik makin banyak digagas melihat potensi pasarnya yang besar.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Produk untuk Muslimah cilik makin banyak digagas melihat potensi pasarnya yang besar.

REPUBLIKA.CO.ID, Pasar busana Muslimah cilik yang kian berkembang membuat Ade Wahyudi meluncurkan NaylaKidz sejak tiga tahun lalu. Bisnis ini ia rintis menyusul keprihatinannya terhadap busana anak-anak perempuan yang tampak tak pantas untuk dikenakan Muslimah cilik.

Pengembangan produk NaylaKidz termasuk terstruktur. Setiap tiga bulan sekali selalu datang model terbaru.

Beberapa desainer independen Ade rekrut untuk menciptakan model terbaru. Menyasar pasar anak-anak berusia satu sampai 12 tahun, NaylaKidz identik dengan warna-warna cerah. NaylaKidz juga memiliki desain hijab yang berbeda, yakni dengan corak-corak menarik sehingga tidak memberikan kesan mainstream.

Dari segi pemilihan bahan, katun combed dan denim menjadi pilihan utama. Kedua bahan tersebut cenderung menyerap keringat, nyaman, dan membuat anak bebas bergerak. Katun combed dan denim juga mudah dibersihkan jika terkena noda. Untuk membuat produk NaylaKidz makin menarik, Ade memilih membungkusnya dalam kemasan premium.

Ade mengandalkan reseller dan agen di luar Bandung untuk memasarkan NaylaKidz. Jaringannya di Surabaya dan Malang berhasil menyumbang angka penjualan terbesar untuk Pulau Jawa. Pemasukan paling besar berasal dari hasil penjualan di Kalimantan dan Sulawesi. Para agen mendapatkan fasilitas potongan harga hingga 50 persen dari harga jual.

“Delapan puluh persen produk terjual secara offline dan omzet kami mencapai Rp 1 miliar per bulannya.”

Ade melihat pesaingnya belum banyak. Peluang bisnisnya pun masih terbuka lebar untuk siapa pun yang ingin meramaikannya. Terlebih, kondisinya sekarang semakin kondusif. Dulu, orang jarang melihat anak berjilbab. Kini, setiap Muslimah cilik banyak yang memiliki jilbab sendiri.

Saat ini, Ade mulai menggarap pasar online melalui laman www.naylakidz.com. Di laman tersebut, konsumen bisa mendapatkan informasi terbaru tentang produk NaylaKidz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement