Ahad 21 Sep 2014 16:53 WIB

Berkreasi dengan Hijab Syar'i untuk Anak

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Produk untuk Muslimah cilik makin banyak digagas melihat potensi pasarnya yang besar.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Produk untuk Muslimah cilik makin banyak digagas melihat potensi pasarnya yang besar.

REPUBLIKA.CO.ID, Di tengah masyarakat, banyak orang tua yang memakaikan jilbab pada anak perempuannya yang masih kecil. Mereka berharap dengan begitu anandanya akan mengenal pakaian Muslimah, nyaman mengenakannya, dan terbiasa memakainya.

Sejumlah produsen pun tergerak memproduksi jilbab untuk anak demi menarik minat Muslimah cilik. Kesadaran Muslimah untuk mengenakan hijab sesuai syariat makin terakomodasi dengan menjamurnya produsen hijab syar'i. Baju longgar dengan hijab panjang sederhana ini banyak diminati Muslimah dewasa.

Bagaimana dengan produk untuk Muslimah cilik?

Banyak orang tua yang ingin memasangkan hijab syar'i pada buah hatinya. Ketersediaan hijab syar'i bagi anak akan membantu Muslimah cilik mengenal pakaian yang sepantasnya. "Ide membuat hijab syar'i untuk anak datang dari suami saya," kata Aktari Candradewi, pemilik akun Instagram Produk Aisyah.

Semula, Aktari berjualan aneka produk busana dengan corak tie dye. Akhir tahun lalu, ia beralih menjadi penyedia busana Muslim syar'i. Bisnis ini ia nilai memiliki banyak nilai lebih. “Produk Aisyah bukan saja ada untuk berbisnis, tetapi juga menjadi media dakwah.”

Dua bulan pertama meluncurkan Produk Aisyah, Aktari kewalahan melayani pelanggan. Dagangannya laku keras. Produk Aisyah yang dipasarkan melalui Instagram ini diminati ibu-ibu muda yang ingin tampil kompak dengan anandanya dalam balutan hijab syar'i.

Aktari kemudian melayani pemesanan hijab syar'i yang ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh anak. Pelanggan cukup memesan model yang ada dengan memberikan ukuran badan si kecil. Dengan begitu, tiap anak akan mendapatkan busana Muslimah plus kerudung yang pas. Cara tersebut cukup jitu untuk memikat pelanggan. Aktari tak pernah menerima komentar negatif terhadap produknya yang telah sampai ke tangan konsumen.

Aktari yang asli Yogyakarta mendesain sendiri produknya. Referensi model busana didapatnya dengan banyak browsing dan membaca. Busana anak-anak berikut hijabnya tidak didesain berlebihan. Anak-anak akan lebih nyaman dengan gaya yang simpel dan busana dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Sebelum membuat desain Aktari pun selalu berburu bahan jenis jersey impor dan sifon yang memenuhi kriteria kenyamanan tersebut.

Hijab untuk si kecil desainnya semakin beragam. Seiring dengan berubahnya tren hijab syar'i untuk Muslimah dewasa, hijab anak pun ikut berganti model. Warna cerah dan pastel mendominasi di pasaran. Ibu dan anaknya pun tampil kembar dengan balutan hijab syar'i.

Aktari menjual Produk Aisyah secara online. Ia telah lima tahun berpengalaman berdagang online. Instagram saja cukup untuk menjadi media pemasarannya. Akun @produkaisyah sudah memiliki lebih dari 16 ribu followers. Akun tersebut dikelola oleh lima administrator yang siap melayani konsumen dengan cara chatting melalui Blackberry Messenger, Line, atau Whatsapp. Aktari juga memiliki lebih dari 25 reseller.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement