Rabu 17 Sep 2014 13:30 WIB

Cara Cepat Tingkatkan Produktivitas Kerja di Kantor (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Bekerja efisien membuat tumpukan pekerjaan menghilang dan waktu kerja di kantor pun lebih efektif.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Bekerja efisien membuat tumpukan pekerjaan menghilang dan waktu kerja di kantor pun lebih efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda memiliki banyak tugas penting dan Anda merasa tidak bisa menyelesaikannya, maka saatnya belajar untuk bekerja lebih efisien. Bahkan, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dan memiliki waktu luang selama jam kerja.

Anda hanya perlu tujuh rahasia kecil berikut yang bisa meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja, dilansir dari Womanitely, Rabu (17/9).

1. Prioritaskan pekerjaan

Bila Anda memiliki banyak tugas penting untuk diselesaikan, biasanya Anda kesulitan ingin memulainya dari mana. Anda mungkin hanya menghabiskan banyak waktu untuk  berpikir apa yang harus dilakukan pertama dan akhirnya Anda tidak melakukan apa-apa. Cobalah untuk memprioritaskan pekerjaan Anda supaya produktivitas Anda meningkat. Selesaikan tugas-tugas mendesak terlebih dahulu, baru kemudian melakukan tugas-tugas yang kurang penting.

2. Fokus pada pekerjaan sendiri

Jangan mengambil terlalu banyak tanggung jawab, terutama jika Anda merasa stres dan kewalahan. Fokuskan diri pada pekerjaan Anda. Jangan takut untuk mengatakan 'tidak' pada rekan kerja atau bos yang meminta bantuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan mereka di kala Anda harus menyelesaikan pekerjaan Anda.

Jika memungkinkan, simpan beberapa pekerjaan Anda yang tidak terlalu mendesak untuk hari berikutnya ketika merasa kelelahan. Anda bisa jadi membuat banyak kesalahan jika tetap memaksa menyelesaikannya dihari yang sama, apalagi jika itu adalah sebuah proyek penting.

3. Rapikan meja kerja

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan produktivitas kerja di kantor adalah merapikan  meja kerja Anda. Jika meja berantakan, sulit menemukan catatan-catatan penting. Anda akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari pulpen, stepler, kertas kontrak, amplop, dan hal-hal kecil lainnya. Itu membuat Anda tidak tepat waktu. Merapikan meja kerja bertujuan untuk membuat jam kerja menjadi lebih efisien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement