Senin 23 Sep 2019 14:01 WIB

Cara Sederhana Agar Bahagia di Tempat Kerja

Merubah rutinitas bisa menyingkirkan stres atau depresi saat bekerja.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Stres di tempat kerja berujung kematian dini.
Foto: Dailymail
Stres di tempat kerja berujung kematian dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi banyak orang, merasa bahagia di tempat bekerja mungkin menjadi sesuatu yang mustahil. Berbagai tekanan, tuntutan untuk memiliki performa sesuai dengan profesi menjadi beberapa alasan mengapa hal ini sulit untuk didapatkan.

Dilansir INC, Senin (23/9), ada beberapa cara yang sebenarnya dapat dilakukan untuk membuat Anda merasa lebih bahagia di tempat bekerja. Cukup merubah sejumlah hal yang selama ini menjadi rutinitas agar dapat menyingkirkan perasaan yang pada akhirnya dapat membuat diri menjadi stres, atau bahkan depresi. Berikut cara yang bisa dilakukan agar lebih bahagia di tempat kerja:

Baca Juga

Tidak mengecek email sepanjang hari

Penelitian menunjukkan bahwa email dapat menghasilkan dopamin di otak Anda ketika berita bermanfaat dan positif. Namun, sebagian besar email tidak positif, yang dapat menyebabkan kekecewaan. Lebih baik menyisihkan waktu, di mana Anda tidak membuka isi dari pesan elektronik ini sama sekali.

Keluar ruangan satu kali dalam sehari

Mungkin pergi ke luar ruangan saat Anda bekerja di kantor telah menjadi saran yang sering didengar. Namun, tak banyak dari orang-orang yang mendengarnya.

Padahal, jika Anda bekerja di dalam ruangan, pergi keluar untuk menghirup udara segar bisa mengurangi tingkat stres dalam diri. Berikan waktu untuk berjalan ke luar ruangan setidaknya satu kali dalam sehari saat bekerja dan hasilnya pasti Anda akan merasakan bahagia lebih lama.

Berikan kalimat positif pada orang lain

Meski ini tentang Anda, namun, tidak ada salahnya untuk turut memberikan kebaikan pada orang lain. Terdapat manfaat bagi Anda saat memuji orang lain, diantaranya adalah mereka nantinya dapat menjadi teman akrab. Selain itu, memberi pujian atau kalimat positif kepada orang lain juga menciptakan lingkungan positif bagi semua orang yang terlibat, termasuk Anda.

Makan siang dengan menu sehat

Kebahagiaan akan ditentukan dari makanan yang Anda makan. Nampaknya, hal ini berlaku di kehidupan sehari-hari, khususnya di kantor. Mengapa demikian? Karena saat mengkonsumsi sesuatu yang sehat, maka Anda akan memiliki pikiran yang sehat.

Pilihlah menu makan siang di kantor yang dapat memenuhi nutrisi penting dalam tubuh. Sebaliknya, hindari untuk sering mengkonsumsi makanan siap saji, seperti pizza yang memang menyenangkan tapi tidak untuk setiap saat karena bahayanya untuk kesehatan.

Tertawa

Cobalah untuk merasa santai dan tidak memikirkan segala sesuatu dengan serius. Dengan begitu, orang lain pun tidak akan besikap demikian dan pada akhinrya membuat suasana menjadi tegang.

Jangan sering melihat ponsel

Sama seperti memeriksa email, melihat ponsel memiliki efek dopamin dengan adanya berita baik yang kita ketahui. Namun,  penelitian menunjukkan bahwa ini juga dapat menyebabkan kekecewaan ketika adanya unggahan negatif di media sosial.

Minum lebih banyak kopi

Sebuah penelitian dari Honglei Chen menunjukkan kopi dapat meningkatkan mood Anda sepanjang hari. Ini terkait dengan antioksidan dan tentunya, rasa bahagia secara mudah tercipta bagi banyak orang ketika mendengar bahwa mereka memiliki alasan untuk dapat mengkonsumsi kopi lebih banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement