Selasa 16 Sep 2014 15:45 WIB

Hidup Sehat dengan Mengganti Makanan-Makanan Ini (1)

Mengganti kentang tumbuk dengan kembang kol akan membuat kalori makanan berkurang.
Foto: Amin Madani/Republika
Mengganti kentang tumbuk dengan kembang kol akan membuat kalori makanan berkurang.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengadopsi pola makan sehat tak selalu berarti mengubah total apa yang dimakan. Kadang, menghilangkan satu bahan bisa mengurangi jumlah kalori atau menggantinya dengan makanan lain bisa menaikkan kadar nutrisinya.

Beberapa bahan makanan yang bisa diganti dengan pilihan yang lebih sehat juga terkadang sudah tersedia bahan-bahannya di dapur rumah. Seperti dikutip dari laman Kitchendaily, Selasa (16/9), berikut beberapa perubahan yang bisa dilakukan agar pola makan jadi lebih sehat.

* Mengganti granola dengan oatmeal

Pernahkah membaca label nutrisi di balik kardus granola? Makanan yang kerap disebut-sebut sehat ini kadang bisa mengandung gula yang sangat banyak. Coba ganti granola dengan oatmeal yang jelas lebih sedikit kandungan gulanya.

* Mengganti roti pita dengan sayuran

Penggemar makanan Timur Tengah biasanya menyukai roti pita untuk dicocol dengan hummus. Coba ganti roti pita dengan sayur-sayuran yang dikukus atau mentah. Tidak hanya mengurangi jumlah kalori, Anda juga meningkatkan nutrisi makanan Anda.

* Mengganti daun selada dengan kale

Salad memang pilihan menu yang paling sehat. Tapi daun-daunan hijau itu juga mempunyai kadar nutrisi yang berbeda-beda. Daun selada atau iceberg lettuce sayangnya memiliki kandungan gizi paling sedikit. Ganti dengan daun kale yang gizinya sangat tinggi. Atau padukan daun selada dengan daun bayam dan kale sebagai campuran salad.

* Ganti kentang dengan kembang kol

Kentang tumbuk memang sangat lezat. Tapi menggantinya dengan kembang kol tumbuk akan memberi Anda makanan dengan kalori lebih sedikit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement