Selasa 16 Sep 2014 10:00 WIB

Tips Feng Shui untuk Kamar Tidur yang Nyaman

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Hindari meletakkan TV dalam kamar tidur agar tidur jadi lebih berkualitas.
Foto: Reuters
Hindari meletakkan TV dalam kamar tidur agar tidur jadi lebih berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, Tips Feng Shui untuk Kamar Tidur yang Nyaman

JAKARTA -- Perabot rumah dan tata letak kamar memengaruh kualitas tidur. Penulis 'Feng Shui Your Life,' Jayme Barret mengatakan kamar tidur yang nyaman bukan hanya diperlukan untuk kehidupan seksual, melainkan juga untuk istirahat demi menghindari stres dan merangsang semangat bekerja Anda ketika terbangun keesokan harinya.

Supaya kamar tidur nyaman, simak enam nasihat dari feng shui yang bisa diterapkan di rumah. Berikut, seperti dilansir dari laman Health, Selasa (16/9).

1. Hindari tumpukan barang

Kamar berantakan akan merangsang pikiran Anda selalu diliputi kecemasan. Jauhkan tumpukan buku dan pindahkan ke dalam kotak tertutup atau keranjang.

2. Tanaman hidup

Studi menunjukkan bahwa melihat alam di pagi hari di kamar akan menurunkan tekanan darah tinggi. Bunga dan tanaman sejenisnya akan merangsang alam bawah sadar Anda untuk selalu berpikiran positif dan penuh kedamaian. Anda juga akan menjadi lebih kreatif.

Sama seperti kamar di rumah sakit yang sering disertakan bunga hidup, maka jika dilakukan hal yang sama di kamar Anda akan membantu Anda menemukan relaksasi. Unsur alam lainn yang bisa Anda hadirkan di kamar tidur atau minimal pemandangan dari jendela kamar tidur Anda adalah taman batu, air mancur, atau foto-foto pemandangan luar ruangan.

3. Manjakan indera

Kamar tidur yang benar-benar restoratif membuat semua indera di tubuh Anda merasa baik. Coba tambahkan karpet mewah atau chenille di kamar tidur Anda. Aromaterapi dengan aroma menyenangkan seperti lavender juga sangat membantu.

4. Serasi

Kamar dan aksesorinya yang serasi akan menciptakan  harmoni dalam sebuah ruangan. Ketenangan ini akan membuat Anda tidur lebih baik. Coba cocokkan meja, lukisan, atau lampu di kamar tidur.

5. Buat langkah strategis

Buatlah langkah strategis dengan memindahkan tempat tidur Anda menghadap ke arah dinding yang kokoh, atau menghadap ke pintu, sehingga tidak ada yang bisa mengejutkan Anda. Tutup dan kuncilah pintu kamar Anda di malam hari sebelum tidur untuk menjaga gangguan, seperti kebisingan dan masuknya hewan peliharaan Anda.

Selain itu, pilihlah seprei yang Anda sukai. Desain seprei yang melingkar dinilai dapat menenangkan tidur Anda.

6. Katakan tidak untuk TV plasma di kamar

Selain menganggu Anda dengan acara malam Anda, TV plasma bisa menganggu tidur Anda, bahkan ketika TV itu dalam posisi mati. Studi menunjukkan bahwa medan elektromagnetik dari TV, komputer, perangkat nirkabel, hingga peralatan olah raga berat di kamar Anda dapat mengganggu sinyal otak dan sistem saraf yang akhirnya mengganggu tidur Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement