Rabu 10 Sep 2014 18:00 WIB

Tips Mengenakan Lipstik Seperti Profesional

Perhatikan faktor warna kulit saat memilih warna lipstik.
Foto: Reuters
Perhatikan faktor warna kulit saat memilih warna lipstik.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengenakan lipstik adalah keahlian dalam berdandan yang harus dimiliki setiap perempuan. Sebab, mata dan mulut perempuan adalah dua fitur andalan dalam berdandan.

Cara mengulas lipstik sekaligus warna yang dipilih untuk bibir bisa membuat perempuan tampil menarik. Kesalahan mengulas lipstik namun bisa mengakibatkan penampilan keseluruhan jauh dari menarik.

Laman Lifescript membagi tips mengenakan lipstik seperti seorang profesional.

Bibir bersih

Gunakan kain yang bersih dan lembab untuk membersihkan mulut dari sisa lipstik sebelum Anda hendak mengenakan lipstik. Selalu mulai dengan bibir bersih saat hendak memakai lipstik.

Bersihkan bibir dengan kain yang dibasahi dengan sabun wajah yang lembut. Pulas bibir dari sisa lipstik, minyak, dan kulit kering menggunakan kain tersebut.

Hindari menggunakan astringent setelah membersihkan wajah jika hendak memakai lipstik. Astringent pasalnya akan mengeringkan kulit sekitar bibir, termasuk bibir.

Melembabkan bibir

Untuk menjaga kulit tetap halus dan lembut, kenakan dulu lip balm, Mulai dari bagian atas bibir dan lanjut ke bagian bawah bibir. Pelembab bibir akan menghaluskan dan menyiapkan kulit menerima lipstik yang dipulas ke bibir secara merata tanpa adanya retakan-retakan di bibir karena bibir kering.

Pengaruh warna

Saat membeli lipstik pastikan kosmetik tersebut bebas bahan kimia yang berbahaya. Setelah itu pilih warna yang paling sesuai dengan warna kulit.

Perempuan berkulit gelap cocok dengan warna yang lembut tapi menawan, misalnya wine atau peach. Sementara perempuan berkulit agak pucat sebaiknya menghindari warna yang terlampau terang seperti shocking pink. Warna terang itu akan membuat tampilan bertambah layu.

Perhatikan pula warna lipstik dengan warna perona mata dan pilihan busana. Misalnya, jika mata dipulas perona warna pastel lembut dan busana yang dipilih berwarna serupa, coba pilih lipstik warna ungu muda atau rose pucat. Atau pilih lipstik dengan warna agak terang sebagai aksen bagi penampilan.

Saat memulas lipstik, perempuan kerap memulasnya langsung ke bibir. Beberapa lainnya menggunakan sikat bibir. Kedua cara tersebut bisa diterapkan, tapi menggunakan sikat bibir membantu memberi kontrol untuk mencapai pulasan yang merata. Penggunaan sikat bibir juga membuat pemulasan lipstik jadi lebih mudah dan rapi di bibir.

Mulailah dari bagian tengah bibir atas. Lalu ratakan ke bibir bagian atas sambil mengarah di tepi bibir. Pastikan lipstik terpulas dengan halus dan merata. Lalu lakukan hal yang sama dengan bibir bagian bawah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement