Selasa 09 Sep 2014 15:30 WIB

Ini Dia Teknik Masak yang Lebih Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Teknik masak memanggang lebih menyehatkan ketimbang menggoreng dengan minyak panas dan banyak.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Teknik masak memanggang lebih menyehatkan ketimbang menggoreng dengan minyak panas dan banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, Pola makan yang sehat dikatakan chef Billy Kalangi bisa dicapai dengan menghindari teknik memasak menggoreng. Katanya, ketimbang menggoreng, memanggang lebih baik. Seandainya pun ingin menggoreng, usahakan agar panas minyak sayurnya tak lebih dari 50 derajat Celsius.

Sebagai pengganti minyak Billy menyodorkan teknik memasak dengan daun pisang. Ketika memasak ikan, contohnya, letakkan daun pisang di atas wajan. Daun pisang dapat menjaga kandungan air dalam masakan. Dengan adanya daun tersebut, kelembapan masakan terjaga, tidak akan terlalu kering.

Lagi pula, minyak sebetulnya tak diperlukan untuk memasak ikan. “Sebab, ikan ketika dipanaskan ia akan mengeluarkan cairannya dan lemaknya sendiri,” kata Billy.

Selain memperhatikan proses memasak, Billy juga mengingatkan masyarakat agar cermat memilih bahan baku masakannya. Kecermatan dalam menyiapkan masakanan diperlukan untuk menunjang gaya hidup sehat. “Selektiflah saat memilih bahan baku yang mengandung lemak, berhati-hati dalam penggunaan garam dan  gula, dan hitung kalori makanan yang dihidangkan untuk keluarga.”

Di samping itu, ada faktor lain yang dapat mendukung penyediaan hidangan sehat bagi keluarga. Pemilihan alat masak, teknik penyimpanan alat masak, dan penyajian menjadi bagian pentingnya.

Selamat mencoba, ya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement