Jumat 05 Sep 2014 15:06 WIB

Yuk..Tonton Festival Ketoprak Kulon Progo

Sejumlah seniman yang tergabung dalam Komunitas Ketoprak Ringkes Tjap Tjonthong membawakan cerita
Foto: Antara
Sejumlah seniman yang tergabung dalam Komunitas Ketoprak Ringkes Tjap Tjonthong membawakan cerita "Sapa Ngedan Keduman" di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Yogyakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan kegiatan "Festival Ketoprak Antarkecamatan".

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan SDA Setda Kulon Progo Triyono di Kulon Progo, Jumat mengatakan festival ketoprak ini dalam rangka melestarikan dan mengembangkan seni budaya, serta meningkatkan kreativitas pelaku sebi di masyarakat, khususnya ketoprak.

"Festival ketoprak ini tersebar di masing-masing kecamatan, ada 12 lokasi, akan dibuka Sabtu (6/9) di balai Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo dan penutupan di Lapangan Pengasih pada Rabu (17/9)," kata Triyono.

Ia mengatakan festival ketoprak ini didanai melalui dana keistimewaan (danais). Festival akan berlangsung di masing-masing kecamatan yang memanfaatkan lokasi diserahkan ke kecamatan, dapat di balai desa ataupun di lapangan kecamatan, sehingga masyarakat mudah untuk datang dan menyaksikan.

"Festival akan memilih kontingen terbaik yang akan dinilai oleh dewan yuri yang terdiri dari lima orang yakni Bondan Nusantara dari seniman ketoprak, Widayat juga seniman ketoprak/ISI Yogyakarta, Sukoco dari Padepokan Bagong Kusudiarjo, Imam Syafii dari Dewan Kebudayaan Kulon Progo dan Erlina Panca dari ISI Yogyakarta," katanya.

Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kulon Progo Joko Mursito mengatakan festival yang akan berlangsung malam hari ini, kontingen yang akan tampil di masing-masing kecamatan telah mempersiapkan dengan lakonnya masing-masing.

Adapun jadwal Festival Ketoprak se-Kulon Progo, yakni Kecamatan Girimulyo pada Sabtu (6/9) tempat Balai Desa Giripurwo dengan Lakon Laskar Nyi Ageng Serang, Samigaluh pada Minggu (7/9) di Lapangan Samigaluh dengan Lakon Asoka. Kecamatan Kalibawang pada Senin (8/9) di Kompleks Kecamatan dengan Lakon Nyi Ageng Serang.

Selanjutnya, Kecamatan Nanggulan pada Selasa (9/9) di kompleks kecamatan Lakon Raden Sanggit, Sentolo pada Rabu (10/9) di Lapangan Kaliagung Lakon Komandhan Tiyasa Guna, Lendah pada Kamis (11/9) di Jatirejo Lakon Seh Jangkung.

Kemudian di Galur pada Jumat (12/9) di kantor kecamatan Lakon Kidung Galur, Panjatan pada Sabtu (13/9) di belakang kecamatan Lakon Nabok Nyilih Tangan, Temon pada Minggu (14/9) lapangan Kedundang, Lakon Dumadining Bumi Tayuban, Kokap pada Senin (15/9) Lapangan Hargomulyo Lakon Sedumuk Bathuk Senyari Bumi, Wates pada Selasa (16/9) di lapangan Bendungan Lakon Sulastri, dan Pengasih (17/9) di lapangan Pengasih? Lakon Kidung Ing Saradan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement