Rabu 13 Aug 2014 12:40 WIB

Promosikan Teluk Tomini ke Dunia, Pemerintah Gelar Festival

Rep: RR Laeny Sulistywati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Teluk Tomini, di Poso, Sulawesi Tengah.
Foto: ANTARA/Ismar Patrizki/ca
Teluk Tomini, di Poso, Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, yang strategis menjadikan teluk ini sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia atau Heart of Coral Triangle. Untuk memperkenalkan potensi wisata bawah laut Teluk Tomini kepada dunia luar, Pemerintah menggelar Festival Teluk Tomini pada 10-13 September 2014.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan, Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektare. Potensi sumber daya alam yang dimiliki teluk ini sangat kaya nan unik.

Teluk Tomini memiliki luas terumbu karang sebesar  1.031 hektare area (Ha) dan luas hutan Mangrove 785.10 Ha. Di daerah itu juga terdapat Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan spesies endemik seperti Tuna Sirip Kuning, Anoa, Babi Rusa, Maleo, dan spesies lain yang belum teridentifikasi.

“Ekosistem Teluk  Tomini merupakan satu di antara 26 kawasan andalan laut nasional.  Jadi, kawasan ini memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang berlimpah bagi pengembangan wisata bahari dan lumbung pangan nasional,” katanya saat peluncuran Festival Teluk Tomini 2014 di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (13/8).

Sharif yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) menyampaikan bahwa, Festival Teluk Tomini 2014 akan menciptakan peluang investasi yang kondusif di berbagai sektor, khususnya kelautan dan perikanan. Pasalnya, kata dia, Teluk Tomini memiliki potensi pengembangan sektor kemaritiman yang sangat besar.

“Melalui Festival Teluk Tomini, diharapkan membuka keran investasi khususnya di sektor kelautan dan perikanan yang bernafaskan konsep ekonomi biru. Sehingga menciptakan produksi komoditas kelautan dan perikanan berkualitas serta berkelanjutan,” ujarnya.

Selain mendorong terciptanya lapangan usaha baru dan sumber pendapatan alternatif masyarakat, kata dia, Festival Teluk Tomini adalah wujud keseriusan Pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Selain itu, Teluk Tomini diharapkan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produksi dan produktifitas usaha masyarakat.

”Dengan dijadikannya Teluk Tomini sebagai destinasi wisata bahari, pemerintah dan masyarakat setempat perlu menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan yang menjadi daya tarik. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang,” katanya. Festival Teluk Tomini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dari Peringatan Hari Nusantara 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement