Kamis 29 May 2014 07:58 WIB

Larut dalam Meriahnya Konser Hatsune Miku

Karakter Hatsune Miku saat tampil dalam konsernya di gelaran
Foto: Crypton Future Media
Karakter Hatsune Miku saat tampil dalam konsernya di gelaran "Hatsune Miku Expo in Indonesia 2014". Acara ini digelar selama dua hari, mulai dari Rabu (28/5) hingga Kamis (29/5)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Impian para penggemar Hatsune Miku akhirnya jadi kenyataan. Tokoh virtual asal Jepang ini hadir menyapa penggemarnya dalam event bertajuk Hatsune Miku Expo in Indonesia 2014", di Jakarta Convention Center, Rabu (28/5) malam. 

Hadirnya Hatsune Miku juga terbilang spesial, lantaran Jakarta menjadi kota pertama dilangsungkannya Hatsune Miku Expo. Berbagai hal menarik dihadirkan di acara ini. Di Miku Expo pengunjung bisa mendatangi aneka booth di tempat yang memenuhi ruangan cenderawasih. 

Booth yang tersedia diantaranya origami, nail art, foto cosplay, bahkan terdapat booth yang memungkinkan pengunjung mencoba software 'Hatsune Miku  V3'. 

"Yang tak kalah spesial adalah patung Miku dengan ukuran lifesize yang langsung diterbangkan dari Jepang. Jakarta merupakan kota pertama yang dikunjungi patung tersebut di luar Jepang," kata Hiroyuki Itoh, CEO Crypton Future Media.  

Selain itu, yang paling ditunggu tentunya konser Hatsune Miku. Tadi malam adalah show pertama Hatsune Miku dalam dua hari eventnya di Jakarta. 

Di atas panggung, terdapat layar besar sebagai background. Sementara di tengah panggung terdapat layar transparan yang berfungsi menangkap cahaya dari beberapa proyektor di belakangnya. Disitulah nantinya karakter Hatsune Miku akan muncul. 

Konser dimulai tepat pukul 19.30 WIB, diawali dengan permainan musik dari band yang akan mengiringi Hatsune Miku dan tata cahaya panggung yang mengesankan.

Saat penonton mulai bersorak dan menggerakkan light stick, saat itu pula cahaya pangung berubah menjadi merah muda, dan layarpun dipenuhi kelopak bunga sakura. 

Ya, lagu pembuka adalah 'Senbonzakura' yang kental dengan budaya Jepang. Gerakan Miku yang begitu halus layaknya gerakan manusia, bahkan gerakan rambut dan pakaian yang bergerak sesuai gerakan tubuh, membuat penggemar yang memenuhi ruangan begitu terkesima. Belum lagi efek bunga sakura yang mengelilingi Miku, menambah apik aksi panggungnya. 

Pertunjukan dilanjutkan, dan Miku tak sendiri. Karakter vocaloid lainnya ikut memeriahkan konser malam tadi. Diantaranya Kagamine Rin dan Len, Megurin Luka, Kaito, juga meiko. Setiap karakter memiliki ciri khas masing-masing yang terdengar dari jenis lagu mereka.

Setelah menyapa penonton dengan bahasa Jepang di awal pertunjukan, penonton dikejutkan saat miku berkata "Miku juga bisa bahasa Indonesia loh" dan dilanjutkan dengan menyanyikan satu lagu berbahasa Indonesia.

Kejutan tak berhenti disitu, efek panggung dengan kembang api dan confetti turut memeriahkan suasana.

Penonton terbawa suasana, gerakan light stick dengan kompak disesuaikan dengan beat lagu. Tak sedikit di antara penonton yang hafal gerakan koreografi miku, ikut menari saat konser berlangsung.

Setelah encore, konser berdurasi 2,5 jam itu pun ditutup dengan lagu mellow dan diakhiri Miku yang membungkuk sambil mengucapkan "Arigatou..".

Kontributor: Asti Yulia Sundari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement