Senin 26 May 2014 17:24 WIB

Memasak dengan Kurma Medjool? Ini Tipsnya dari Vindex Tengker

Sambal goreng kentang dengan tambahan kurma Medjool.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Sambal goreng kentang dengan tambahan kurma Medjool.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain dimakan begitu saja, memasak dengan kurma banyak dilakukan restoran, hotel, dan rumah tangga saat Ramadhan. Executive Chef Hotel Dharmawangsa, Vindex Tengker, mengatakan menambahkan kurma Medjool dalam masakan juga bisa dilakukan.

Bahkan, mengolah kurma Medjool dikatakannya jauh lebih menarik. ''Secara natural kurma ini sudah manis, sehingga bisa digunakan dalam berbagai makanan tanpa harus lagi menambahkan gula,'' katanya menyambung.

Vindex mengatakan, kurma Medjool dapat ditambahkan pada makanan panas, makanan dingin, hingga untuk sajian pencuci mulut. Salah satu menu unik yang diracik Vindex adalah empal gentong Cirebon dengan tambahan potongan kurma.

Menu tersebut terinspirasi dari rasa kari yang banyak dimasak ketika bulan puasa. Kari, dikatakan Vindex, adalah sajian yang tidak terlalu berat. Rasa empal gentong yang gurih dan agak pedas dari bubuk cabai dianggapnya akan bertambah nikmat bila diberi sentuha manis dari kurma.

''Jadinya rasa yang agak Timur Tengah, bedanya menu sana dapat rasa manis dari kismis, ini dari kurma,'' katanya menjelaskan. Ketika memasak dengan kurma, Vindex meminta untuk memperhatikan tekstur kurma yang empuk dan mudah hancur bila dimasak terlalu lama.

Masukkan kurma di tengah-tengah proses masak jika ingin membuat empal gentong. Jika menggunakan sapi lokal yang tidak seempuk sapi Australia, misalnya, ia menyarankan memasukkan rajangan kurma di bagian akhir. Sebelumnya jangan lupa buang biji kurma dan rajang kurma sesuai selera.

Satu ide menu lagi yang dicoba Vindex, yaitu sambal goreng kentang dengan memasukkan potongan kurma dalam daging cincang yang dibulatkan. Rasa manis dari kurma memberi keseimbangan rasa dari gurihnya daging dan kentang yang agak pedas.

Menjadikan kurma sebagai pemanis salad pun bisa dilakukan. ''Kalau untuk salad taburkan di awal-awal dia akan memarinasi buah dan sayuran lain memberinya rasa manis alami,'' ujarnya. Vindex mencontohkan, kalau membuat huzarensla, maka rasa manis dari kurma membuat mayones tak perlu lagi diberi tambahan susu kental manis atau gula. Sedangkan untuk masakan yang dipanggang, kurma juga dimasukkan sejak awal.

''Ini bedanya memasak dengan kurma lain,'' kata Vindex. Kurma lain yang agak kering membuat penggunaannya harus ditambahkan sejak awal, untuk masakan yang berdaging hingga untuk tambahan dalam hidangan pencuci mulut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement